Jelang Pertemuan OPEC Harga Minyak Dunia Naik Tipis



( 2016-05-31 04:18:14 )

Harga minyak dunia naik tipis mendekati level $50/barel, meskipun ada ketidak pastian menjelang pertemuan OPEC akhir pekan ini yang diperkirakan akan membatasi keuntungan.

Dilansir Reuters, Selasa(31/5/2016), harga minyak brent naik 44 sen ke posisi $49,76/barel, mebalikan kerugian dari hari sebelumnya. Sementara harga minyak AS West Texas Intermediate atau WTI naik 27 sen menjadi $49,60/barel.

Opec akan membuka pertemuan di Wina pada hari Kamis dan sebagian besar analis tidak mengharapkan terjadi perubahan dalam produksi minyak OPEC.

Sementara OPEC sendiri belum mampu menyepakati pembekua produksi untuk mendukung harga, dan Irak adalah produsen Timur Tengah terbaru tetap meningkatkan kuota ekspor menjelang pertemuan, menyediakan 5 juta barel minyak mentah ekstra untuk mitra pada bulan Juni.

Menurut Ekonom energi James L. Williams dari WTRG Economics di Arkansas, sejauh ini ada cukup banyak konsensus bahwa tidak akan terjadi dan bahwa strategi yang sama akan terus berlanjut, yang pada dasarnya menghasilkan sebanyak yang Anda inginkan.

Produksi minyak mentah AS juga turun ke titik terendah sejak September 2014 setelah pengebor memotong rig untuk pekan kesembilan meskipun harga minyak tercatat naik.

Namun, kenaikan produksi di pasar minyak Kanada diperkirakan bisa membebani WTI. Suncor Energi (SU.TO) berencana untuk meningkatkan produksi pada bidang di Alberta pekan ini setelah dipaksa untuk menutup sebelumnya pada Mei karena kebakaran hutan secara besar-besaran.