IHSG Lanjutkan Penguatan



( 2016-05-31 03:41:44 )

Dalam laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sangat berpotensi dalam penguatan pada perdagangan saham untuk Selasa ini. Pergerakan harga minyak dunia akan mempengaruhi laju IHSG.

IHSG akan bergerak di kisaran 4.850 – 4.885 pada perdagangan saham Selasa ini. Harga minyak dunia mendekati level US$ 50 dinilai sangat mempengaruhi pergerakan IHSG.

Selain itu inflasi akan relatif stabil saat menjelang puasa. Pemerintah cukup baik untuk menjaga pergerakan inflasi. “Inflasi harus dijaga sehingga tetap rendah dengan sentimen ini pasar akan cenderung menguat”.

Dalam keputusan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) tetap mempertahankan suku bunga juga memberikan sentimen positif. Meski Bank Sentral AS memberikan sinyal menaikkan suku bunga namun hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Sementara itu terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa IHSG masih berada dalam fase konsolidasi jelang pergantian bulan. Pola gerak IHSG masih berada dalam kisaran yang sangat wajar.

“Koreksi pun jika terjadi juga masih terlihat sebagai koreksi wajar. Awal bulan tentunya data ekonomi baru akan stabil sehingga dapat memberikan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG”.

Adapun pendapat yang lain memperkirakan bahwa IHSG akan bergerak di level support 4.738 dan resistance 4.877. Level resistance IHSG itu perlu digapai kembali untuk memperkuat pola kenaikannya.

Selain itu, kepastian Bank Sentral AS atau The Federal Reserves/The Fed menaikkan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan menjadi pemicu positif untuk membuat pelaku pasar akumulasi saham-saham berkapitalisasi besar, sehingga membuat IHSG di atas level psikologis 4.800.