Pada Sesi Asia, AUDUSD Terpantau Mengendur



( 2016-03-03 04:00:14 )

Aussie dollar terpantau menurun terhadap dollar AS pada pergerakan pasar mata uang sesi Asia hari Kamis (03/03), setelah dirilisnya laporan fundamental ekonomi Australia pada pagi ini. Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan AUDUSD terpantau menurun 0.1% dengan diperdagangkan pada level 0.7288. Pada index dollar AS, yang membuktikan performa Greenback terhadap sekeranjang mata uang mayor lainnya terpantau turun 0,14% di level 98.20.

Dalam sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia mengatakan bahwa defisit neraca perdagangan Australia telah mengalami kemerosotan, yang sesuaikan secara musiman menjadi -2,94B di bulan Januari dari -3,54B di bulan Desember. Aussie dollar masih dibayangi tekanan terhadap dollar AS meski terjadinya penyusutan pada defisit neraca perdagangan Australia. Pada aktifitas ekspor impor di wilayah Australia telah menunjukkan beragam pergerakan, dimana sektor ekspor mengalami peningkatan 1,0% di bulan Januari dan untuk sektor impor terpantau turun 1,0% pada bulan Januari.

Pada sesi sebelumnya, pergerakan pasar sempat bergejolak usai dirilisnya laporan pasar tenaga kerja di wilayah AS. Dalam sebuah laporan resmi yang diriilis oleh Automatic Data Processing mengatakan bahwa lapangan pekerjaan AS telah muncul sebanyak 214K di bulan Februari, dimana hasil tersebut diluar dari estimasi ekonom. Sementara itu, laporan fundamental pada hari ini akan dipenuhi dengan berbagai laporan kegiatan non-manufaktur dari wilayah Tiongkok, Eropa, Inggris, dan AS. Sedangkan laporan klaim pengangguran AS juga menjadi perhatian penting para pelaku pasar saat ini.