USDJPY Terpantau Merosot Pasca Catatkan Peningkatan Mingguan



( 2016-02-29 03:34:43 )

Yen terpantau menguat terhadap dollar AS dan beberapa mata uang mayor lainnya pada pergerakan pasar mata uang hari Senin (29/02), setelah dirilisnya berbagai hasil laporan fundamental ekonomi Jepang pagi ini. Berjalannya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY bergulir terpuruk 0,17% di level 113.82, sedangkan pasangan EURJPY terpantau menurun 0,26% di level 124.31 dan GBPJPY menurun 0,33% di level 157.64.

Berdasarkan laporan resmi yang diriilis oleh METI mengatakan bahwa penjualan ritel Jepang mengalami penurunan sebanyak 0,1% pada bulan Januari usai jatuh sebesar 1,1% di bulan Desember. Di waktu yang bersamaan, METI juga melaporkan bahwa hasil produksi industri Jepang mengalami peningkatan 3,7% di bulan Januari setelah mengalami kemerosotan 1,7% di bulan Desember dan untuk basis tahunan, hasil produksi industri Jepang mendapati kemerosotan 3,8% di bulan Januari usai turun 1,9% di bulan Desember.

Kendati demikian, pada pekan lalu pergerakan USDJPY telah berhasil mencatat peningkatan mingguan dengan menyentuh level tertinggi di 113.97. Peningkatan tersebut telah dipengaruhi oleh membaiknya perkembangan ekonomi di wilayah AS. Menurut laporan resmi yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi mengatakan bahwa perkembangan domestik bruto mendapati peningkatan 1,0% di kuartal keempat dari sebelumnya mengalami peningkatan sebanyak 0,7%.

Padahal, pada laporan terpisah lainnya dirilis oleh Biro Analis Ekonomi menuturkan bahwa pendapatan pribadi warga AS mengalami peningkatan sebesar 0,5% di bulan Januari usai mengalami peningkatan 0,3% di bulan Desember dan untuk belanja pribadi warga AS mengalami peningkatan 0,5% di bulan Januari setelah tetap 0,0% di bulan Desember. Melengkapi perdagangan pada minggu lalu, sebuah laporan dari University of Michigan mengatakan bahwa sentimen konsumen AS telah mengalami peningkatan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 91,7 di bulan Februari dari 90,7 di bulan Januari.