Banyak Kader Menolak Munaslub, Ical Adakan Sholat Istikharah



( 2016-01-25 02:56:49 )

Perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tingkat I Partai Golkar membacakan pandangan umum terkait pergelaran Munaslub. Hasilnya banyak yang meminta Munaslub untuk tidak digelar.

Dari total 44 DPD dan organisasi pendiri serta pihak Partai Golkar lainnya, ada 21 yang menolak Munaslub. Sedangkan sisanya ada yang setuju dan menyerahkan sepenuhnya kepada DPD dan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie atau Ical.

Atas hal itu, Ical pun meminta waktu dan memohon agar diberikan kesempatan untuk sholatt Istikharah (memilih yang terbaik) memikirkan hal yang baik untuk partainya.

Saya memohon waktu, sholat Istikharah untuk memikirkan apa yang baik untuk partai. Ical mengatakan jika tidak diadakan Munaslub, maka akan banyak risiko yang diterima oleh partai Golkar ke depannya, ucap Ical di Gedung JCC Senayan, Jakarta.

Kalau tidak kita disahkan bulan Juni, resiko yang didapat Partai Golkar tidak akan bisa berpilkada. Kalaupun ada satu Munas (yang diselanggarakan), meskipun tidak sesuai dengan AD/ART, yang akan dilakukan tim transisi, ucapan tegas Ical. Dia pun tidak mau mengambil risiko kembali, jika memang Munas akan dilaksanakan oleh tim transisi tersebut, ternyata pemerintah mendukungnya.

Saya tidak bisa membaca apa yang diambil pemerintah, pada puncaknya jika terjadi Munas (yang dilakukan tim transisi) yang katanya akan diselenggarakan bulan Maret, sesuai dengan keputusan Mahkamah Partai yang sebenarnya sudah tidak berlaku lagi, ujar Ical.

Politikus Golkar M Misbakhun meminta Ical menyerahkan masalah tersebut kepada sang Maha Pengatur. Beliau menyerahkan dengan Istikharah. Menyerahkan kepada panduan ilahi, ujar Misbakhun.

Misbakhum yakin bahwa Ical dapat menyikapi hal tersebut secara arif. Keputusan yang bakal diambil Ical merupakan untuk kemajuan Golkar. Itu (pengambilan keputusan) butuh wisdom (kebijaksanaan). Yakin nanti akan keluarwisdom, ucapan Misbakhun.

Namun politikus Golkar lainnya, Nurdin Halid menyatakan sikap Ical tersebut merupakan solusi bagi Partai Golkar. Dirinya yakin keputusan yang akan diambil Partai Golkar merupakan yang terbaik bagi perjalanan partai.

Sampai saat ini, Ical menawarkan sebuah solusi. Belum ada keputusan hari ini. Pasti besok teman di DPD I akan berdiskusi. Saya jamin besok tidak akan ada voting, ucap Nurdin.

Mantan Ketua PSSI itu mengaku Munaslub merupakan jalan keluar agar Golkar terhindar dari risiko yang lebih besar. Itu kan risiko jika Munaslub tidak dilakukan. Kalau hukum sudah clear. Tapi (Ical) tidak akan mengorbankan (Golkar) sekaligus pahit, ujar Nurdin.