Cadangan Devisa Naik, IHSG Berpotensi Menghijau



( 2018-11-09 02:42:07 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal akan bergerak menguat pada perdagangan saham di hari Jumat (09.11.2018) ini. Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dinilai membawa dampak baik bagi pergerakan indeks IHSG hari ini.

Selain penguatan mata uang garuda, salah satu Direktur Riset mengatakan, bahwa naikknya nominal cadangan devisa (cadev) RI yang menyentuh USD 115,2 miliar pada akhir bulan Oktober 2018 memberikan angin segar bagi gerak IHSG.

"Sentimen menguatnya nilai rupiah dan publikasi Bank Indonesia (BI) terkait posisi cadangan devisa Indonesia bulan sebesar USD 115,2 miliar tentunya akan mendukung ketahanan dan stabilitas ekonomi dalam Negeri. Hal ini jelas akan menjadi sentiment positif bagi pasar," tuturnya.

Sementara itu, lanjut Nico, sentimen eksternal juga memberi dampak positif bagi IHSG untuk melaju hijau pada perdagangan hari ini. Hasil pemilu paruh waktu di Amerika, demikian dia, partai demokrat merebut parlemen sementara Partai Republik kuasai Senat.

"Keberhasilan partai demokrat menguasai parlemen tentunya tidak menyenangkan bagi partai republik yang merupakan partai pengusung Trump," jelasnya.

"Ini akan memberikan gairah kepada emerging market tidak terkecuali Indonesia untuk mulai kembali on the track, karena tentu pergerakan ekspansif Trumph akan mulai mengalami hambatan," ia menambahkan.

Adapun pada hari ini, Nico memprediksi IHSG bertengger di zona hijau dalam support dan resistance di kisaran 5.904 hingga 5.961.