Awal Pekan, IHSG Diramal Menembus ke Level 6.000



( 2018-11-05 03:09:40 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak di zona hijau pada perdagangan saham di hari Senin (05.11.2018). Gerak IHSG diprediksi diperdagangkan pada level 5.860-6.025.

Managing Director Jagartha Advisors mengatakan, bahwa IHSG berpotensi menguat dan menembus level 6.000 ke posisi 6.025. Di awal pekan ini, Iwan menilai, sentimen eksternal masih bayangi laju IHSG dalam sepekan ke depan.

"Fokus akan tertuju pada perkembangan diskusi perdagangan Amerika Serikat (AS) dan China untuk mendapatkan kesepakatan baru terutama menjelang mid-term election di AS pada pekan depan tanggal 6 November," tuturnya.

"Hasil dari mid-term election itu juga dapat mempengaruhi sentimen pasar apabila terjadi kejutan diluar ekspektasi," ia menambahkan.

Sementara itu, dari dalam negeri, lanjut dia, pasar domestik akan tertuju pada data rilis pertumbuhan ekonomi kuartal III dan juga data cadangan devisa (cadev) RI.

Senada, dengan Analis Reliance Sekuritas Indonesia yang bernama Lanjar Nafi menyebutkan, katalis positif memang menjadi angin segar bagi laju IHSG di awal pekan ini. Namun, penguatan IHSG belum terbilang signifikan.

Ia meramalkan, penguatan IHSG masih bersifat di level rendah dengan diperdagangkan di kisaran 5.855-5.910.

Adapun menurut pengamatan Lanjar, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada dibawah tahun sebelumnya sebesar 5,1 persen dari 5.27 persen pada periode sebelumnya. Hal tersebut dapat menjadi penahan laju penguatan IHSG dipekan selanjutnya.