Terkena Sentimen Politik, IHSG Akan Menguat Tipis



( 2018-08-09 02:06:30 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lebih dipengaruhi oleh sentimen politik untuk dua hari ke depan. Meski begitu, IHSG masih diprediksi berpotensi menguat.

Menurut Kepala Riset MNC Sekuritas yang bernama Edwin J. Sebayang meramalkan bahwa IHSG berpeluang menguat pada perdagangan saham pada hari Kamis pekan ini (09.08.2018). Namun, Edwin menjelaskan, IHSG hanya menguat tipis.

"Nah tunggulah 1-2 hari ini, kan ada pengumuman bakal calon cawapres. PAN dan Jokowi, jadi sentimen politik yang kuat satu sampai 2 hari ini," tuturnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu.

Edwin menyebutkan, kecenderungan IHSG menguat tipis akan berada di rentang 6.050 - 6.130. "Kalau sudah diumumkan pasangan capres-cawapres ini, maka pasar sudah aman," ujarnya.

Untuk itu, Edwin lebih merekomendasikan saham-saham sektor keuangan, perbankan, konsumer serta logam untuk hari ini. Ia juga menyebutkan sektor konstruksi akan aktif kembali.

"Sektor konstruksi bakal aktif lagi cuma konstruksi 2019 tidak akan sebooming tahun 2018 lagi. Karena apalagi yang mau dikejar? Jadi prospek ke depan yang ditunggu market adalah sektor properti dan juga sektor semen," kata dia.

Senada, menurut Analis yang bernama Muhammad Nafan Aji meramalkan bahwa IHSG akan perkasa di kisaran 6.062 - 6.133.