Harga Emas Turun Abaikan Dollar AS



( 2015-12-23 03:39:21 )

Pada penutupan perdagangan Rabu dinihari (23/12), Harga emas turun mengabaikan dolar yang melemah dan menjelang akhir tahun di tengah perdagangan sebelum liburan Natal harga minyak rebound. Harga emas spot turun 0,5 persen pada 1,072.15 dollar per troy ons, sementara emas berjangka AS untuk pengiriman Februari turun 0,6 persen pada 1,074.10 dollar per troy ons.

Dalam sebuah tulisan Saxo Bank menyatakan bahwa, Hedge fund mencatatkan posisi pendek pekan lalu setelah kenaikan suku bunga Fed dan telah mengurangi eksposur negatif dalam beberapa hari terakhir. “Ketika mendekati akhir tahun, likuiditas semakin kecil dan orang-orang mulai menutup perdagangan mereka untuk tahun ini”, ujar analis ABN Amro Georgette Boele. “Salah satunya adalah euro pendek, dolar panjang, emas pendek”.

Bursa Wall Street naik, sementara dolar merosot dan penurunan tajam dalam penjualan rumah yang ada di bulan November. Dan emas menarik dukungan dari kenaikan besar dalam kepemilikan dari exchange-traded fund (ETF) atas emas akhir pekan lalu, kembalinya aliran keluar minggu ini menunjukkan bahwa investor harus tetap berhati-hati.

Di samping itu, harga Perak turun 0,1 persen pada $ 14,26 per ons, sementara harga platinum turun 0,3 persen pada $ 870,64 dan harga paladium naik 0,6 persen menjadi $ 552,31. Diperkirakan harga emas masih berpotensi melemah dengan kenaikan suku bunga AS, yang akan semakin meningkatkan dollar AS.