Pelemahan Rupiah Diprediksi Sementara



( 2018-03-19 02:43:29 )

Penguatan yang terjadi pada rupiah hingga pertengahan pekan kemarin mampu membentuk tren kenaikan. Akan tetapi, tren ini masih harus kembali diuji ketahanannya seiring mulai adanya pembalikan arah melemah di akhir pekan.

Diharapkan pelemahan tersebut bersifat sementara seiring masih melemahnya laju USD yang terimbas kondisi politik di dalam negerinya. Dan kembali membuat rupiah untuk dapat menemukan momentum kenaikannya.

"Tetap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat menghalangi potensi penguatan lanjutan pada rupiah," ujar salah satu Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Senin (19.03.2018).

Reza memperkirakan, bahwa laju rupiah akan berada pada rentang support Rp13.758/USD dan resisten Rp13.732/USD.

Adapun, laju rupiah di pekan kemarin mampu berbalik menguat seiring melemahnya USD karena merespons kondisi politik AS yang terganggu dengan adanya pemecatan Menlu AS dan kekhawatiran terjadinya perang dagang AS-China.

Sementara, nilai tukar rupiah menguat 0,25% dari sebelumnya melemah 0,18%. Di pekan kemarin, laju rupiah sempat melemah ke level Rp13.766/USD atau di atas sebelumnya di level Rp13.795/USD.