Investor Cermati Perkembangan AS, Bursa Asia Tertekan



( 2018-01-22 03:06:22 )

Bursa saham Asia melemah pada perdagangan saham awal pekan ini seiring pelaku pasar memperhatikan perkembangan politik Amerika Serikat (AS). Apalagi usai pemerintah AS tutup mulai pekan lalu.

Pada awal pekan ini, indeks saham Jepang Nikkei bergerak mendatar di awal perdagangan. Sejumlah sektor pengaruhi laju indeks saham Nikkei. Saham masuk sektor otomotif cenderung bervariasi dengan saham Toyota turun 0,66 persen.

Sementara itu, Mitsubishi Motors mengalami kenaikan sebesar 1,04 persen. Sektor saham teknologi bergerak menguat dengan saham Sony naik 1,09 persen dan Softbank Group menanjak 0,71 persen.

Indeks saham Korea Selatan Kospi tergelincir 0,54 persen. Hal itu dibebani saham Samsung Electronics yang merosot 2,11 persen di awal perdagangan. Saham teknologi lainnya yaitu saham SK Hynix turun 1,77 persen dan saham LG Display merosot 0,49 persen.

Selain itu, sektor saham manufaktur, keuangan dan ritel cenderung tertekan. Saham Posco melemah 2,72 persen dan saham Lotte Shopping susut 0,43 persen.

Bursa saham Australia turun 0,07 persen di awal sesi perdagangan. Sektor saham keuangan susut 0,51 persen sehingga menekan indeks saham. Sedangkan saham Commonwealth Bank melemah 1,1 persen.

Di pasar uang, dolar AS ditransaksikan di kisaran 110,70 terhadap yen. Indeks dolar AS berada di kisaran 90,52 terhadap enam mata uang utama lainnya. Euro pun menguat usai partai Sosial Demokrat Jerman setuju koalisi dengan konselr Angela Merkel.

Adapun pemerintah AS tutup atau shutdown menjadi perhatian investor pada pekan ini di bursa saham Asia. Layanan publik AS tutup pada hari kedua. Meski demikian, ada kemajuan mengingat anggota partai Republik bersatu untuk mengakhiri kebuntuan dengan mengajak pemecahan masalah bersama dengan partai Demokrat.

"Penutupan pemerintah AS tampaknya akan mendominasi perhatian pasar pada pekan ini. Kemungkinan akan banyak hasilkan kebisingan, namun tidak akan menekan," tulis laporan ANZ, seperti dikutip dari laman CNBC, pada hari Senin (22.01.2018).