Rupiah Diprediksi Berada di Tren Positif



( 2017-11-10 02:27:40 )

Pelemahan yang sebelumnya diperkirakan dapat terjadi, pada kenyataannya mampu ditepis rupiah dengan berada di zona hijau. Dengan asumsi pergerakan USD dapat kembali melemah dan pergerakan mata uang lainnya yang mencoba terapresiasi maka rupiah pun memiliki peluang untuk dapat kembali melanjutkan pergerakan positifnya.

"Meski demikian, tetap waspada terhadap berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah," ujar salah satu Analis Senior Binaartha Sekuritas yang bernama Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Jumat (10.11.2017).

Reza memperkirakan, bahwa rupiah pada hari ini akan bergerak dengan kisaran level support Rp13.522/USD dan resisten Rp13.497/USD.

Sementara, untuk pergerakan rupiah kemarin mampu kembali menguat meski tipis. Laju rupiah kembali mampu memanfaatkan pelemahan pada USD untuk berbalik menghijau.

Pergerakan USD melemah terhadap sejumlah mata uang, terutama terhadap yen setelah pelaku pasar bersikap skeptis terhadap upaya reformasi perpajakan AS. Sikap pelaku pasar tersebut muncul setelah Rancangan UU dari Senat berbeda dengan DPR dan dapat mempersulit upaya pemotongan pajak oleh Partai Republik.

"Sementara dari dalam negeri, cenderung minim sentimen terbarukan, di mana pelaku pasar masih memfaktorkan progres pembangunan infrastruktur, rilis kemudahan bisnis, cadangan devisa, dan angka pertumbuhan ekonomi nasional," tutur dia.