Alif Salurkan Pembiayaan Sebesar Rp 469,3 Miliar Pada September 2017



( 2017-10-09 02:52:34 )

Al Ijarah Indonesia Finance (Alif) mengaktualkan target pembiayaan sebesar 78.2 persen disepanjang tahun ini yang diperkirakan dapat mencapai Rp 600 miliar.

Alif Purwanto selalku Kepala Divisi Pemasaran menginformasikan sampai dengan September 2017, perusahaan telah mengeluarkan pembiayaan sebesar Rp 469,3 miliar atau meningkat 17 persen secara year on year (yoy). “Pertumbuhan kami masih cukup besar jika dibandingkan pertumbuhan industri, karena pembiayaan kami masih kecil dan belum maksimal,” tutur Purwanto kepada Bisnis pada akhir pekan ini.

Dari total pembiayaan yang dikeluarkan tersebut, dia menuturkan mayoritas pembiayaan masih berasal dari segmen multiguna yaitu mencapai 79 persen. Kemudian, disusul dari segmen mobil baru sebesar 14 persen, motor baru 4 persen, dan motor bekas 3 persen.

Untuk mengejar target pembiayaan, dia mengungkapkan pihaknya telah melakukan perluasan produk pembiayaan dengan menyasar pembiayaan investasi. Dengan direalisasikannya upaya perluasan produk pembiayaan, jelasnya, kontribusi pembiayaan segmen korporasi diharapkan bisa meningkat signifikan.

Hingga akhir 2017, kontribusi pembiayaan segmen ritel diperkirakan turun menjadi 80 persen, sedangkan porsi pembiayaan segmen korporasi diprediksi bisa mencapai kisaran 20 persen dari total pembiayaan yang disalurkan. “Porsi pembiayaan investasi akan meningkat, karena kami telah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan untuk penyaluran pembiayaan investasi,” kataya.

Menurutnya, penganekaragaman pembiayaan dilakukan karena persaingan pembiayaan kendaraan bermotor semakin ketat. Adapun, sepanjang 2017, Alif menargetkan penyaluran pembiayaan bisa mencapai Rp 600 miliar.