Wall Street Ditutup Variatif Meski Sektor Kesehatan Positif



( 2017-09-08 02:14:49 )

Wall Street pada perdagangan kemarin ditutup mixed (variatif) setelah saham media, yang merosot pada update bisnis negatif dari Walt Disney dan Comcast, diimbangi oleh kenaikan saham layanan kesehatan.

Seperti dikutip dari Reuters, pada hari Jumat (08.09.2017), saham Comcast (CMCSA.O) mengalami penurunan sebesar 6,2% setelah operator kabel memperingatkan kerugian pelanggan, sementara saham Disney menurun sebesar 4,4% setelah perusahaan tersebut memperingatkan mengenai pertumbuhan laba. Sektor media di Indeks S & P 500 berakhir turun 3,6%.

Namun, kenaikan di sektor perawatan kesehatan seperti saham AbbVie (ABBV.N) dan Bristol-Myers Squibb (BMY.N) mendukung indeks, sementara kekuatan di Microsoft (MSFT.O) dan Amazon (AMZN.O) membantu mempertahankan sektor teknologi di Indeka Nasdaq di wilayah positif.

Investor melacak Badai Irma, yang turun di Florida karena terjadi kerusakan di Texas yang disebabkan oleh Badai Harvey. Irma membajak Republik Dominika menuju Haiti setelah menghancurkan banyak pulau di Karibia. Hal ini membuat saham perusahaan asuransi melemah, dengan sektor asuransi di indeks Dow Jones turun 1,9%.

"Ada ketidakpastian lebih lanjut karena Badai Irma yang menabrak Florida. Anda tidak tahu kerusakan apa yang akan dilakukan," kata John Praveen, managing director Prudential International Investments Advisers di Newark, New Jersey.

"Mungkin ini akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan PDB AS dan mungkin akan merugikan pendapatan AS, dan itulah mengapa pasar bereaksi negatif," imbuh Praveen.

Badai Irma terus menekan ekuitas AS menyusul kekhawatiran awal pekan ini mengenai ketegangan geopolitik yang melibatkan Korea Utara, yang memicu penurunan satu hari terbesar untuk S & P 500 dalam waktu sekitar tiga pekan. Menambah kekhawatiran, September secara historis merupakan bulan terburuk untuk saham, menurut Stock Trader's Almanac.

Namun, patokan S & P tetap mendekati level tertinggi sepanjang masa, dengan pengamat pasar yang menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan data ekonomi yang solid karena membantu mendukung saham.

"Karena berada dalam dunia yang sangat gugup saat ini, pasar telah melakukannya dengan sangat baik," kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia.

Investor juga mencerna komentar Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, yang mengatakan bahwa kekuatan euro telah membebani inflasi dan akan menjadi faktor kunci bagi ECB bulan depan ketika memutuskan bagaimana melanjutkan program stimulusnya yang besar.

Saham General Electric (GE.N) merosot 3,6% menyeret S & P dan Dow Jones setelah mencatat analis bearish. Saham Apple (AAPL.O) juga membebani indeks utama, menurun sebesar 0,4% setelah sebuah laporan bahwa perusahaan iPhone dipukul dengan gangguan produksi.

Sektor keuangan menurun sebesar 1,7% di tengah penurunan hasil Treasury AS. Sektor Healthcare adalah sektor dengan kinerja terbaik, naik 1,1%. Saham AbbVie (ABBV.N) melonjak 6,1% dan Bristol-Myers Squibb naik 5,0% setelah produsen obat tersebut melaporkan perkembangan positif masing-masing obat tersebut.

Saham Eli Lilly (LLY.N) naik 1,3% setelah mengatakan akan memberhentikan sekitar 8% karyawannya.