Waspadai Sentimen Penghambatan Laju Rupiah Hari Ini



( 2017-09-06 02:23:42 )

Pergerakan rupiah yang terbantukan dengan sentimen positif dari global maupun internal mampu membuatnya kembali menguat.

Diharapkan sentimen ini masih dapat terjaga untuk membuat laju rupiah kembali bertahan dalam tren positifnya. "Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat pergerakan rupiah kembali variatif," ujar salah satu Analis Senior Binaartha Sekuritas yang bernama Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Rabu (06.09.2017).

Reza memperkirakan, bahwa rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.348/USD dan resisten Rp13.330/USD.

Sebelumnya, berkurangnya dominasi EUR dan Swissfranc membuat permintaan akan sejumlah mata uang non safe haven mengalami peningkatan, termasuk rupiah. Pelaku pasar kembali menahan diri sambil mencermati perkembangan dari imbas uji coba rudal balistik Korea Utara terhadap kondisi pasar keuangan, terutama terhadap sejumlah mata uang.

Di sisi lain, pelaku pasar juga khawatir terhadap penguatan EUR seiring langkah ECB yang akan meluncurkan program stimulus moneternya.

Selain dari global, rupiah turut terbantukan dengan adanya berita penyelenggaraan International Conference dan Call for Paper (ICCAP) tahun 2017 yang dinilai mampu memperkuat jaringan antara pemerintah, akademisi dan pelaku bisnis khususnya di sektor perdagangan.

"Hal itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Dengan harapan semakin diterimanya barang-barang yang dihasilkan di Indonesia oleh global pada akhirnya dapat memperkuat nilai tukar rupiah," ujar dia.