Menlu Retno Bertemu Aung San Suu Kyi



( 2017-09-05 04:41:22 )

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerahkan usulan formula 4+1 untuk Rakhine State, kepada State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi, Senin. Ia mengatakan bahwa ia akan hadir di Myanmar membawa amanah masyarakat Indonesia, yang sangat khawatir terhadap krisis kemanusiaan di Rakhine State, dan agar Indonesia membantu. Juga membawa suara dunia internasional, agar krisis kemanusiaan di Rakhine State dapat segera diselesaikan. Dalam pertemuan itu, Menlu RI menyampaikan usulan Indonesia yang disebut Formula 4+1 untuk Rakhine State.
Empat elemen ini terdiri dari: mengembalikan stabilitas dan keamanan, menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan, perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine State, tanpa memandang suku dan agama dan pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan.
"Empat elemen pertama merupakan elemen utama yang harus segera dilakukan, agar krisis kemanusian dan keamanan tidak semakin memburuk," jelas mantan Dubes RI untuk Belanda ini.
Sedangkan satu elemen lain adalah pentingnya agar rekomendasi Laporan Komisi Penasihat untuk Rakhine State yang dipimpin oleh Kofi Annan, dapat segera diimplementasikan. Selain melakukan pertemuan dengan State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi, Menlu RI juga melakukan pertemuan dengan tiga menteri lainnya, yaitu menteri pada kantor Presiden, National Security Advisor, dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Myanmar.
Pertemuan dengan tiga menteri itu membahas masalah teknis mekanisme bantuan kemanusiaan, yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Myanmar.