Rekind dan ENM Kerjasama Bangun Ruas Transmisi Pipa Gas Bumi Cirebon-Semarang



( 2017-08-30 02:55:33 )

PT. Rekayasa Industri atau Rekind dan PT. Energi Negeri Mandiri atau ENM melaksanakan penandatanganan Naskah Kesepakatan terkait dengan Kerjasama Pembangunan Ruas Transmisi Pipa Gas Bumi dari Cirebon sampai ke Semarang. PT ENM akan membantu PT Rekind memverifikasi hasil Feasibility Study dan off taker gas yang sebelumnya telah disusun oleh PT Rekind. Hasil analisis ulang tersebut akan menjadi pertimbangan BPH Migas untuk menyetujui perkembangan pembangunan ruas transmisi pipa gas Cirebon-Semarang.

“Langkah ini sesuai dengan rencana pengembangan energi di Jawa Barat. Hal ini akan meningkatakan pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan bahan bakar pembangkit tenaga listrik, transportasi, rumah tangga dan bahan baku industri,” tutur Asisten Perekonomian dan pembangunan, Eddy Iskandar Muda Nasution dalam laporan pers yang diterima di Jakarta, pada Selasa (29/08/2017) kemarin.

Dengan adanya proyek pembangunan infrastruktur ini, lanjutnya, pemerintah provinsi jawa barat akan menanggapi baik peluang–peluang besar lain yang muncul setelah pelaksanaan proyek melalui badan usaha milik daerah termasuk juga afiliasinya untuk kepentingan masyarakat jawa barat secara khusus. “Selaku anak perusahaan dari BUMD PT Migas Hulu Jabar, ENM mendukung penuh upaya PT. Rekind untuk membangun pipa tersebut dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional khususnya di Jawa Barat,” terang Hermawan Eriadi selaku Direktur utama PT ENM.

Menurutnya, program pembangunan dan pengalokasian jalur pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang ini akan membantu pula dalam pembangunan anchor proyek strategis di Jawa Barat seperti pengembangan Bandara Internasional Jawa Barat dan Aerocity di Kertajati serta Pelabuhan Patimban di Subang. “Karenannya, PT ENM berkomitmen akan mengunakan pipa transmisi gas Cirebon Semarang tersebut akan sebagai sarana menyalurkan gas di wilayah Jawa Barat,” jelasnya.

Pembangunan pipa Cirebon–Semarang adalah bagian dari proyek integrasi pipa gas Trans Jawa yang direncanakan akan on-stream pada tahun 2021. Adapun proyek Trans Jawa terdiri dari tiga proyek utama yaitu, yang pertama, Jawa bagian Barat terdiri dari jalur Cirebon-KHT sepanjang 84 km dan Tegalgede – Muara Tawar 50 km. Kedua, Jawa bagian utara yaitu jalur Cirebon – Semararang 235 km. Ketiga, Jawa bagian timur terdiri dari jalur Semarang – Gresik sepanjang 271 km dan East Java Gas Pipeline (EJGP) – Grati sepanjang 22, 1 km dan pembangunan ini pun akan menjadi infrastruktur gas dari timur Pulau Jawa sampai ke Barat sehingga menjadi energi yang dapat mengakselerasi distribusi gas secara menyeluruh.