Menteri Keuangan Yakin Program Pemerintah Dongkrak Ekonomi Semester II



( 2017-08-09 03:02:43 )

Menteri Keuangan (Menkeu) yang bernama Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa beberapa program pemerintah bisa diakselerasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi semester II/2017. Salah satunya program sosial yang telah disiapkan pemerintah harus dimaksimalkan.

Program yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat yaitu seperti program keluarga harapan, beras sejahtera, dan hal lain yang sifatnya suportif untuk masyarakat langsung agar mengurangi beban mereka.

"Itu agar bisa mengurangi beban mereka dan akan bisa diakselarasi, eksekusi nya memang akan terlambat. Namun, itu akan bisa meningkatkan kapasitas dari masyarakat terutama menengah ke bawah untuk bisa mendapatkan momentum untuk meningkatkan konsumsinya," kata Sri Mulyani, Jakarta, pada hari Selasa (08.08.2017).

Sementara, untuk masyarakat menengah, dia berharap positif untuk growth di tingkat masyarakat ini bisa menimbulkan positive confidence. "Karena nantinya, itulah yang bisa meningkatkan keinginan untuk melakukan investasi dan konsumsi," imbuhnya.

Sektor lain yang bisa diakselerasi yakni belanja pemerintah, terutama eksekusi. Hal ini seperti berbagai macam keluarga Program Keluarga Harapan, kemudian rastra yang diakui agak terlambat penyalurannya.

"Kemarin agak terlambat satu bulan, kemudian berbagai program bantuan sosial. Dan untuk tahun depan, karena akan dinaikkan, seperti PKH naik menjadi 10 juta rumah tangga, jadi persiapannya harus mulai dilakukan sekarang, diharapkan dapat meningkatkan momentum pada semester kedua," tuturnya.