Rupiah Diprediksi Bakal Kembali Bergerak Positif



( 2017-07-14 03:15:03 )

Menurut analis Senior Binaartha Sekuritas yang bernama Reza Priyambada memperkirakan bahwa laju rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini akan kembali bergerak positif, melanjutkan penguatan sebelumnya.

Menurutnya, meski kenaikan tersebut masih terbatas namun, pihaknya menilai laju rupiah memiliki cukup peluang untuk kembali melanjutkan pergerakan positifnya.

"Apalagi, laju USD masih cenderung mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang Asia, sehingga diharapkan dapat memberikan sentimen positif tambahan pada rupiah," kata dia di jakarta, pada hari Jumat (14.07.2017).

Reza memperkirakan, bahwa rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.374/USD dan resisten Rp13.318/USD.

Sementara, sempat membuat khawatir tidak adanya peluang bagi rupiah untuk berbalik arah seiring masih minimnya sentimen positif, namun kembali menguatnya laju mata uang Asia memberikan kesempatan selanjutnya pada rupiah untuk dapat terapresiasi dari sebelumnya.

Laju sejumlah mata uang Asia mendapatkan manfaat dari hasil testimoni Yellen di hadapan kongres yang mengatakan bank sentral kemungkinan akan mulai mengurangi portofolio sebesar USD4,5 triliun pada akhir tahun ini.

"Cara tersebut untuk merangsang ekonomi selama dan setelah krisis keuangan. Selain itu, kenaikan suku bunga The Fed pun diperkirakan tidak akan agresif. Dengan demikian, kami pun melihat laju rupiah akhirnya dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk dapat terangkat," tutur Reza.