Rupiah Diperkirakan Masih Berpeluang Kembali Menguat



( 2017-05-23 03:38:36 )

Penguatan rupiah diharapkan masih mampu bertahan dan berlanjut pada perdagangan berikutnya seiring masih positifnya berita ekonomi internal, terutama masih adanya imbas kenaikan rating S&P.

Namun demikian, tetap perlu untuk berhati-hati terhadap potensi pembalikan arah seiring kenaikan rupiah yang masih dirasa karena adanya eforia yang bisa saja berkurang dalam jangka pendek.

"Sepanjang belum adanya pemberitaan negatif maka rupiah pun masih berkesempatan bertahan di zona hijau," ujarnya di Jakarta, pada hari Selasa (23.05.2017).

Reza memperkirakan, bahwa rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.310/USD dan resisten Rp13.270/USD. Sementara, masih adanya imbas berita kenaikan rating dari S&P dan masih berlanjutnya tren pelemahan laju USD membuat rupiah berkesempatan mengambil posisi untuk menguat.

Pelaku pasar pun masih ada yang melakukan aksi jual dolar AS (USD). Di sisi lain, pelemahan USD ini juga disebabkan antisipasi jelang rilis FOMC minutes pada Rabu waktu setempat di mana akan menerbitkan notulen bulan Mei yang akan membahas mengenai perkembangan politik terbaru.

"Masih adanya penguatan harga minyak mentah dunia dan positifnya kondisi internal Indonesia turut membantu penguatan rupiah," kata dia.