Terdapat Sentimen Positif, Rupiah Diharapkan Kembali Menguat



( 2017-05-15 02:56:32 )

Pergerakan rupiah yang mampu kembali menguat diharapkan dapat menjadi momentum untuk kembali melanjutkan penguatan seiring dengan adanya sentimen positif dari Asia.

Sementara itu, cenderung stabilnya kondisi dalam negeri dan mulai berkurangnya imbas kondisi politik dalam negeri diharapkan dapat membantu penguatan rupiah tersebut.

"Tetap cermati berbagai sentimen yang dapat berimbas pada pelemahan lanjutan rupiah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Senin (15.05.2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.360/USD dan resisten Rp13.319/USD. Sementara, meski di pasar spot valas global, laju USD berbalik menguat seiring masih adanya pertimbangan akan potensi kenaikan suku bunga AS, namun tidak menyurutkan laju rupiah untuk dapat ikut berbalik menguat.

Pelaku pasar juga turut mentransaksikan sejumlah mata uang Asia seiring kenaikan data-data ekonomi di China. Selain itu, juga terimbas penguatan euro setelah sejumlah data-data ekonomi di benua Eropa mengalami kenaikan. "Laju rupiah mampu memanfaatkannya dengan kembali menguat," katanya.