Rupiah Diramal Tetap Menguat Memanfaatkan Lemahnya USD atas Euro



( 2017-04-26 02:35:35 )

Menurut analis Senior Binaartha Sekuritas yang bernama Reza Priyambada mengatakan, bahwa terkonfirmasinya penguatan rupiah diharapkan dapat bertahan seiring dukungan kenaikan euro dan CAD terhadap USD.

"Rupiah diharapkan dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk dapat kembali menguat. Sentimen dari dalam negeri yang cukup kondusif juga diharapkan dapat mempertahankan penguatan pada rupiah," kata dia di Jakarta, pada hari Rabu (26.04.2017).

Meski demikian, pihaknya meminta untuk tetap mencermati berbagai sentimen yang ada dan mewaspadai sentimen yang dapat mengubah arah rupiah pada saat ini. "Diperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran support Rp13.321/USD dan resisten Rp13.260/USD," ujarnya.

Menurutnya, masih relinya laju euro setelah merespons kondisi pemilu di Prancis yang menyisakan dua calon kuat, memberikan imbas positif pada laju rupiah kemarin yang akhirnya mampu menguat dibanding USD.

Laju euro menguat lantaran sisa calon kuat, terutama Emannuel Macron diperkirakan dapat memenangi PilPres Prancis. Macron dianggap sebagai pendukung Uni Eropa dan perbaikan ekonomi Prancis, terutama menciptakan iklim investasi yang lebih bersahabat untuk investor luar menanamkan investasinya di Prancis.

Di sisi lain, sentimen dari peresmian pabrik baru Mitsubishi di Bekasi turut mewarnai penguatan rupiah yang diharapkan dapat menarik investasi lainnya.