Investor Taiwan Lirik Potensi Pertanian Indramayu



( 2017-04-25 02:41:23 )

Potensi bidang pertanian yang dimiliki Kabupaten di Indramayu, Jawa Barat, ternyata mulai menarik kalangan investor, baik dalam maupun luar negeri. Kali ini, pengusaha asal Taiwan tertarik berinvestasi di Indramayu dalam bidang pertanian.

Sejumlah pengusaha Taiwan yang bergerak di bidang agro pertanian, bahkan sudah bertemu langsung dengan Bupati Indramayu, Anna Sophanah. Para pengusaha dari Yeedon Enterprise Co Ltd tersebut diantar langsung oleh Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, untuk menghadap Bupati Indramayu.

Mereka memaparkan ketertarikan terhadap hasil-hasil pertanian dari Kabupaten Indramayu, terutama padi. Bahkan mereka meminta pasokan padi dari para petani Indramayu sebanyak 100 ribu ton per tahun.

Chairman Yeedon Enterprise Co Ltd, Chen memaparkan, bahwa tingginya potensi pertanian di Kabupaten Indramayu sangat menarik perusahannya untuk berinvestasi. Investasi tersebut dalam bentuk memberikan dukungan kepada para petani plasma ataupun kelompok tani untuk melakukan budi daya pertanian.

“Kami akan membentuk petani plasma, dan mereka akan diberikan pelatihan secara benar dengan standar yang telah ditentukan. Selanjutnya hasil dari pertanian mereka akan kami beli dengan harga yang lebih tinggi. Ini kami yakini bisa meningkatkan taraf hidup para petani di Indramayu,” kata Chen, pada hari Senin (24.04.2017).

Sementara Kabid Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informasi Publik Kabupaten Indramayu, yang bernama Nana Pasae mengatakan, bahwa ini atas keinginan para pengusaha Taiwan tersebut segera direspons.

Calon investor mengajukan proposal, kemudian diproses bersama dengan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kabupaten Indramayu.

“Kalau memang para investor serius, maka mereka harus mengajukan proposal. Proposal inilah sebagai dasar kajian untuk regulasi penataan ruang dan kebijakan lainnya,” ujarnya.