Kekhawatiran Kelebihan Pasokan Tekan Harga Minyak Dunia



( 2017-04-07 04:25:34 )

Harga minyak dunia pada perdagangan hari ini jatuh karena adanya kekhawatiran atas kelebihan pasokan yang melebihi pemotongan produksi yang dipimpin OPEC dan aktivitas produksi kilang yang meningkat.

Berdasarkan rilis laman Reuters, Jumat (7/4/2017), harga minyak brent berada di level USD54,85 per barel pada pukul 01.09 GMT, turun 4 sen dari penutupan terakhir mereka. Sementara, harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) turun 1 sen menjadi USD51,69 per barel.

Para pedagang mengatakan, meskipun penguatan kecil baru-baru ini dalam sentimen yang pekan ini membantu harga mencapai level tertinggi dalam satu bulan, masih ada kekhawatiran bahwa pasar akan tetap kelebihan pasokan, bahkan dengan upaya yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memotong pasokan demi menopang kenaikan harga.

Data perdagangan minyak di Thomson Reuters Eikon menunjukkan bahwa volume minyak mentah dikirimkan secara global mencapai 1,4 miliar barel Maret (sekitar 45.600.000 barel per hari), naik dari 1,1 miliar barel pada Februari, meskipun setiap hari angka itu sama dengan Februari 45,5 juta barel per hari.

Ada faktor pendukung harga, terutama yang kuat permintaan dari kilang dan gangguan pasokan di Kanada. Berdasarkan catatan ANZ Bank, Tingkat pemanfaatan di kilang melonjak 1,9% menjadi 90,8% (di AS), yang harus menghasilkan penarikan minyak mentah AS dalam beberapa pekan mendatang.

Sebuah gangguan pada operasi minyak Kanada juga meningkatkan kekhawatiran di minyak Alberta. Kebakaran di Syncrude Kanada 350.000 barel bisa menjadi offline. Gangguan berasal dari penutupan pabrik Syncrude setelah kebakaran Maret rusak fasilitas dan kembali merenovasi ulang.