Rupiah Diramal Bertahan Lama di Zona Hijau



( 2017-02-27 02:30:06 )

Pergerakan laju rupiah pada perdagangan awal pekan hari ini masih cenderung bervariatif, namun secara tren masih dimungkinkan kembali untuk mengalami sideways. Meski terdapat berita-berita positif dari kondisi makro ekonomi di Indonesia, namun dirasa umum dan kurang kuat secara signifikan membuat laju rupiah dapat bertahan lama di zona hijau.

Diperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran support di level Rp13.358/USD dan resisten Rp13.302/USD. "Kami perkirakan untuk laju rupiah dapat kembali menguat meski tipis," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Senin (27.02.2017).

Sementara, pergerakan laju rupiah akhir pekan lalu mampu berbalik menguat setelah terhempas di hari sebelumnya seiring dengan terapresiasinya laju USD dan imbas negatif dari tanggapan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan perkiraan pertumbuhan kuartal I/17 yang berpotensi akan mengalami pelemahan di bawah target sebelumnya, 5,05%.

Penguatan rupiah terbantukan dengan sentimen dari langkah pemerintah yang menargetkan realisasi penanaman modal di dalam negeri agar mampu menopang pertumbuhan ekonomi tahun ini dan diharapkan separuh investasi berasal dari kontribusi sektor industri.

Selain itu, juga terbantukan dengan berita dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan integrasi dan koordinasi guna mewujudkan kecepatan dan efisiensi pelayanan investasi di tengah persaingan dengan negara lain.

"Perlu diketahui, Bank Dunia menempatkan Indonesia di peringkat 91 dunia dalam kemudahan berbisnis atau naik 15 peringkat dibandingkan pencapaian tahun lalu yang berada di posisi 106," paparnya.