Jokowi : Saya Khawatir Inflasi 2017 Lebih Tinggi



( 2017-02-21 08:01:45 )

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada tahun 2016 lalu mencapai angka 3,02%. Inflasi ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai 3.35%.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), inflasi ini perlu menjadi pusat perhatian oleh pemerintah. Karena Presiden Jokowi khawatir bahwa inflasi cenderung lebih tinggi pada tahun ini.

"Sekali lagi ini agar betul-betul, dengan tadi angka inflasi yang kita sampaikan 3,02% itu, betul-betul ini dilihat terus. Saya khawatir tahun ini, kalau kita nggak hati-hati kita tidak akan bisa mempertahankan diangkat 3 sampai 3,5%," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Jokowi berharap inflasi Indonesia tahun ini tak menyentuh angka 8% hingga 9% seperti beberapa tahun silam. Pasalnya, apabila dibandingkan dengan inflasi Negara maju yang hanya nol koma sekian persen hingga 1%, inflasi di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Tingginya inflasi akan berdampak pada sia-sianya pertumbuhan ekonomi yang dicapai. "Kita yang dulu-dulu, masa inflasi sampai 9% sampai 8% bahkan lebih, harus dikendalikan," tutupnya