Staf Khusus Donald Trump Pegang 7% Saham Freeport



( 2017-02-21 07:06:31 )

President dan CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson mengungkapkan bahwa salah satu pemegang saham Freeport Inc adalah salah seorang Staf Khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dia adalah Carl Icahn yang merupakan pendiri dari Carl Enterprises.

Dia mengungkapkan, Icahn memiliki 7% saham di Freeport McMoran sejak 1,5 tahun terakhir. Tak ayal, kisruh yang terjadi di PT Freeport Indonesia turut menjadi perhatian Icahn.

‎Carl Icahn berperan sebagai investor aktivis, dia mempunyai saham Freeport McMoran sebesar 7% dan dia sudah mempunyai saham tersebut selama 1,5 tahun. Dua daripada perwakilannya ada di board FXC dia bukan perwakilan resmi dari pemerintah, tapi dia Staf khusus Presiden AS. Seperti banyak investor lain, dia juga sangat concern terhadap situasi di Indonesia, ujarnya dalam konferensi pers kemarin.

Richard menuturkan, kisruh yang terjadi di Freeport bukan hanya menjadi perhatian investor. Sebagai perusahaan terbuka di AS yang memproduksi tembaga terbesar di dunia, persoalan Freeport juga menjadi perhatian pemerintahan AS.

‎Freeport McMoran itu adalah perusahaan listed di AS. Perusahaan terbesar untuk memproduksi copper. Salah satu perusahaan yang mempekerjakan paling banyak di bagian selatan AS. 90% investor Freeport McMoran adalah institusi besar yang mengelola reksadana. Jadi apapun yang terjadi disini akan menjadi perhatian pemerintah AS, imbuh dia.

Menurutnya, Trump berharap pemerintah Indonesia dapat memberikan perlakuan yang setara terhadap Freeport. Apalagi, raksasa tambang Paman Sam -julukan AS- ini juga merupakan salah satu investor tertua di Indonesia.

Pemerintah AS ingin pemerintah Indonesia memberikan perlakuan yang setara. Dan juga pemerintah Indonesia mengiginkan kerja sama yang baik dengan Freeport, pungkasnya.