Harga Cabai Rawit di Palangkaraya Masih Tinggi



( 2017-02-20 05:49:35 )

Harga cabai rawit merah masih mahal di beberapa daerah di Indonesia. Di Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng) masih bertengger di posisi Rp170 ribu per kg, dengan harga jual eceran Rp20 ribu per ons. Sementara itu harga cabai rawit hijau dijual seharga Rp120 ribu per kg.

Menurut pantauan di Pasar Kahayan Kota Palangkaraya, Kalteng, tingginya harga cabai rawit merah ini berlangsung selama beberapa pekan. Pemicunya, karena pasokan yang sulit di dapat.

Seorang penjual cabai di Pasar Kahayan, Fitirani, mengatakan, sulit untuk menjual cabai dengan eceran. Ia mengaku hanya menjual cabai rawit merah untuk pelanggan, sementara untuk eceran tidak dilakukan.

“Kalau mau beli cabai rawit merah bisa tapi paling sedikit 1 ons yakni Rp 20 ribu sedangkan kalau beli Rp 5.000 tidak bisa karena saya juga belinya mahal Rp 150 ribu di pasok," dia menuturkan.

Sementara untuk harga cabai rawit hijau, dia mengungkapkan, sedikit murah karena bisa dibeli secara eceran. Harga eceran mencapai Rp 2.000 sampai Rp 6.000 buat setengah ons.

Dia mengaku tidak mengambil banyak keuntungan dengan tingginya harga cabai karena konsumen lebih sedikit.