Dolar Melemah Picu Kenaikan Harga Emas



( 2017-02-17 08:59:53 )

Harga emas ditutup menguat pada sesi perdagangan Kamis waktu Amerika Serikat. Hal tersebut dipicu pelemahan dolar dan saham AS di hari yang sama.

Seperti dilansir Forbes, Jumat (17/2/2017), harga emas untuk pengiriman April naik sebesar US$ 8,5 per punce. Harga emas dibanderol sebesar US$ 1.241,5 per ounce. Sementara perak untuk pengiriman Maret naik US$ 0,122 ke level US$ 18,085 per ounce.

Pasar ekuitas global mayoritas mengalami penurunan pada perdagangan Kamis kemarin. Sementara pasar saham Amerika Serikat juga mengalami penurunan pada penutupan perdagangan sore kemarin.

Sebuah fitur di marketplace pada pekan ini sudah meningkatkan imbal hasil obligasi pemerintah dunia, di tengah keluarnya data ekonomi dari Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, nada yang cenderung lebih hawkish juga datang dari Gubernur Bank Sentral Federal Reserve Janet Yellen pada saat kongres AS pekan ini.

Salah satu penyebab menurunnya harga emas adalah melemahnya dolar. Pada penutupan perdagangan Kamis sore kemarin, indeks dolar melemah, mengakhiri kenaikan pada hari sebelumnya yang didorong oleh komentar Janet Yellen soal kenaikan suku bunga acuan.