Pertamina Gelontarkan Dana Rp 14 Miliar Untuk Membangun Jalan dan Jembatan



( 2017-02-17 04:09:32 )

PT Pertamina membangun jalan sepanjang 2,4 kilometer serta dua jembatan di Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat. Pembangunan jalan serta jembatan yang dibangun sejak tahun 2016 ini menggunakan anggaran coperate social resposbility (CSR) sebesar Rp14 miliar. Bupati Karawang yang bernama Cellica Nurachadiana bersama managemen PT Pertamina meresmikan penggunaan jembatan, pada hari Kamis (16.02.2017)

Menurut VP Operation PHE ONWJ, yang bernama Amrullah Muiz, mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Desa Sedari merupakan bentuk program CSR dari PHE (Pertamina Hulu Energi) ONWJ (Offshore North West Java) yang bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Indonesia. Perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan sudah lama diimpikan oleh masyarakat Desa Sedari. Karena sebelumnya warga Desa Sedari masih memanfaatkan muara Sungai Buangan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Dengan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan ini, warga sudah tidak kesulitan dalam transportasi karena sudah menggunakan transportasi darat. "Alhamdulillah jalan dan jembatan sudah selesai dan bisa digunakan warga sekitar," katanya.

Amrullah mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dapat terwujud karena hasil kesepakatan bersama antara Pertamina dengan Pemkab Karawang dan masyarakat Desa Sedari. "Bantuan ini kita lakukan setelah mendengar kebutuhan warga Desa Sedari dan Pemkab Karawang. Desa Sedari dipilih karena wilayah operasional PHE ada di desa ini," katanya.

PHE beroperasi di wilayah laut Jawa seperti di Karawang, Subang, Indramayu. Di Karawang, wilayah operasi PHE berada di dekat Desa Sedari. Dukungan masyarakat Desa Sedari kepada PHE sangat positif sehingga operasional PHE berkembang baik. "Selama ini kami merasa terbantu sehingga kami juga harus peduli dengan warga sekitar," katanya.

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana mengapresiasi bantuan infrastruktur dari Pertamina di Desa Sedari. Bantuan tersebut sangat berarti bukan hanya untuk masyarakat Desa Sedari juga pemerintah daerah. Pemkab Karawang dengan keterbatasan anggaran belum dapat melakukan perbaikan infrastruktur di seluruh Karawang. "Bantuan ini sangat membantu dan saya harapkan bukan hanya Pertamina saja tetapi perusahaan lain bisa melakukan hal sama," kata Cellica.

Cellica mengatakan bahwa keberadaan PHW ONWJ di Karawang sudah memberikan manfaat buat masyarakat Karawang. Selama ini bantuan yang diberikan PHE ONWJ diberikan langsung kepada masyarakat. Peran Pemkab Karawang hanya sebagai fasilitator untuk mendorong kegiatan sosial PHE tepat sasaran. "Saya harapkan kerja sama ini bisa dilanjutkan terus demi kemakmuran masyarakat Karawang," katanya.