Harga BBM di Perbatasan Setara dengan Jawa



( 2017-02-16 06:30:44 )

Dalam rangka menjangkau wilayah 3 T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) dalam BBM Satu Harga di Kalimantan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI mendirikan SPBU Kompak di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Kecamatan Long Apari yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Peresmian tersebut dilakukan pada 9 Februari 2017 lalu, dan dihadiri oleh General Manager Marketing Operation Region VI Kalimantan, Mohammad Irfan, berserta dengan jajaran manajemen dan Asisten Satu Bidang Sosial dan Pemerintahan, Lily Kusnowati.

"Selama 71 Tahun Indonesia Merdeka, baru hari ini masyarakat daerah Long Apari dapat menikmati harga BBM yang sama, Pertamina berkomitmen kuat bisa menghadirkan BBM dengan harga yang sama hingga ke pedalaman di wilayah perbatasan," ucap Irfan dalam keterangan tertulis, Kamis (16/2/2017).

Ini merupakan strategi Pertamina dalam mengupayakan ketahanan energi hingga ke wilayah-wilayah yang sulit untuk dijangkau, dengan memberlakukan harga bensin Premium Rp 6.450/liter dan Solar Rp 5.150/liter sesuai dengan ketentuan Pemerintah sama dengan wilayah lainnya. Agar tercipta harga yang sama, Pertamina mengambil kebijakan pada subsidi ongkos angkut.

Dengan dikembangkannya jaringan lembaga penyalur di wilayah ini, masyarakat bisa menikmati harga premium dan solar yang sama dengan wilayah yang lain. Sebelumnya, harga per liter Premium dapat mencapai Rp 15.000 dan Solar Rp 13.000.

"Diharapkan percepatan pembangunan ekonomi di wilayah 3 T bisa tercapai dengan diresmikannya SPBU Kompak Long Apari yang dapat melayani kebutuhan BBM di darat maupun perairan," pungkas Irfan.