Rupiah Diramal Pertahankan Tren Kenaikan



( 2017-01-30 04:49:20 )

Meski laju dolar Amerika Serikat (USD) mencoba menguat, namun tampaknya pergerakan rupiah mencoba untuk mempertahankan tren kenaikannya.

"Sehingga kami perkirakan pergerakan tersebut akan cenderung flat seiring dengan beradunya volume beli dan jual," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Senin (30.01.2017).

Reza menjelaskan, bahwa perlu untuk tetap mencermati berbagai sentimen yang akan memengaruhi perubahan pada laju rupiah. Terutama, jika laju rupiah lebih memilih untuk melanjutkan pelemahannya.

Pihaknya memperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.368/USD dan resisten Rp13.318/USD. Sementara, kembali menguatnya laju USD seiring rasa optimisme kinerja emiten dan prospek ekonomi AS, berimbas pada sejumlah mata uangnya.

Termasuk laju rupiah yang kembali mengalami pelemahan. Kondisi ini paling tidak sudah kami ingatkan sebelumnya di mana waspada akan adanya potensi pembalikan arah jika skenario penguatan kami tidak terwujud.

Gebrakan yang dilakukan Presiden AS Donald Trump, memberikan efek positif pada terapresiasinya USD meski awalnya banyak yang menyangsikan langkah Trump tersebut akan mengganggu perekonomian AS, terutama kebijakan proteksionismenya.

"Rupiah yang minim sentimen pun akhirnya tumbang meski pelemahannya masih terbatas," ujar Reza.