Trump Buat Meksiko Makin Merana



( 2017-01-27 06:20:29 )

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah membuat keputusan membangun dinding disepanjang perbatasan antara AS dengan Meksiko. Biaya untuk membangun tembok ini akan didapatkan oleh Trump dengan mengenakan pajak 20% terhadap barang impor dari Meksiko ke AS.

Kondisi ini membuat Meksiko makin tertekan, sehingga hubungan kedua Negara tersebut di ambang krisis. Dalam waktu dekat, Presiden Meksiko sudah dijadwalkan akan bertemu Trump.

Belum jelas bagaimana pajak baru ini diimplementasikan. "Kami punya pajak baru senilai US$ 50 miliar dengan mengenakan tarif 20% untuk barang impor, ini sudah dilakukan oleh 160 negara lain di dunia saat ini," kata Spicer, dilansir dari Reuters, Jumat (27/1/2017).

Spicer mengungkapkan, kebijakan pajak selama ini yang mengenakan pajak ekspor dan membebaskan pajak impor sangat konyol. "Tapi dengan menerapkan ini (pajak impor), kami bisa mendapatkan US$ 10 miliar per tahun, dan dengan mudah membiayai pembangunan dinding," imbuh Spicer.

Rencana penerapan pajak baru ini berkembang menjelang pertemuan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto dan Trump, yang rencananya dilakukan pekan depan di Washington.