Harga Cabai Rawit Merah Mulai Berangsur Turun



( 2017-01-27 04:49:16 )

Akhirnya harga cabai rawit merah mulai melandai. Setelah akhir-akhir ini pemerintah dan masyarakat ‎dipusingkan dengan tingginya harga cabai rawit merah di pasaran. Di beberapa daerah, harga cabai rawit merah hampir setara dengan harga daging sapi bahkan ada juga yang melebihi. Harga cabai rawit merah mulai berangsur turun. Setidaknya per kilogram (kg) kini sudah dibandrol Rp 100 ribu per kg. Meski demikian, harga cabai rawit merah ini hanya satu-satunya bahan pangan yang mengalami penurunan. Beberapa bahan pangan lainnya justru menunjukkan kenaikan dan ada yang harganya tetap.

"Ini yang naik justru malah bawang putih, ada kenaikan Rp 2 ribu per kilonya," ujar salah seorang pedagang di Pasar Mampang, Jakarta Selatan.

Harga bawang putih di pasar dibandrol seharga Rp 40 ribu per kg. Sedangkan bawang merah harganya tetap di Rp 36 ribu per kg. Kenaikan juga terjadi di harga cabai merah keriting yaitu sebesar Rp 1 ribu per kg menjadi Rp 52 ribu per kg.‎ Dan cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp 86 ribu menjadi Rp 88 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai merah besar tetap di Rp 40 ribu per kg.

Sementara untuk harga sembako, sebagian besar tidak mengalami perubahan, seperti telur ayam dihargai Rp 23 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per, tepung terigu Rp 8 ribu per kg, beras IR 64 Ramos Rp 10 ribu per kg, beras premium Rp 12 ribu per kg, dan minya goreng curah Rp 13 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga ayam potong per ekornya dibandrol Rp 30 ribu dan daging sapi masih bertengger di Rp 120 ribu per kg.