Harga Daging Sapi Masih Mahal



( 2017-01-24 08:54:35 )

Harga daging sapi tak kunjung turun. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, mempertanyakan realisasi janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berjanji akan menjadikan harga daging sapi relatif murah yaitu menjadi Rp80.000 per kg.

Hal itu dikatakan Tulus sebagaimana disalin dari Antara, kemarin. Menurut nya, harga daging sapi saat ini masih di kisaran Rp120.000/kg. Harga tersebut masih jauh sekali dari janji Presiden Jokowi sebesar Rp80.000/kg.

Ia menilai persoalan masih relatif mahalnya harga daging sapi hampir di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya disebabkan kapal ternak yang belum optimal. Tapi diduga adanya permainan kartel dan monopoli oleh pemain besar dalam komoditas pangan.

"Kartel harus dibongkar terutama oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Itu sudah lama terjadi, bukan hanya kartel daging sapi, tapi cabai dan kebutuhan pokok lainnya," ucap Tulus.

Dia menginginkan agar praktik kartel diberantas melanggar Undang-Undang Antimonopoli. "Bisa jadi praktik kartel komoditas pangan melibatkan oknum pejabat, sehingga sulit untuk diberantas," ujarnya.