Prediksi BI : Kuartal 1 2017, Kegiatan Usaha Diperkirakan Tumbuh



( 2017-01-12 07:34:16 )

Bank Indonesia (BI) memprediksikan kegiatan usaha akan meningkat pada kuartal I 2017 jika dibandingkan pada kuartal I 2016. Optimisme ini bersamaan dengan membaiknya kinerja sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan, memasuki musim panen awal tahun.

Di samping itu, survei BI juga melansir terjadinya perbaikan usaha pada industri pengolahan dan pertambangan, serta penggalian. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) hasil survei yang mencapai hingga 6,73 persen.

“Seiring dengan peningkatan kegiatan usaha sektor industri pengolahan, Purchasing Managers Index (PMI) - Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pada kuartal I 2017 diprediksi sebesar 52.96 persen,” demikian keterangan resmi BI, Rabu (11/1).

Industri pengolahan diperkirakan mempunyai SBT sebesar 2,98 persen pada kuartal I 2017 atau naik dari 1,44 persen pada kuartal IV 2016. Sedangkan, SBT untuk usaha pertambangan dan penggalian sedikit membaik menjadi -1,08 persen dari kuartal sebelumnya -1,82 persen.

Survei BI tersebut menunjukkan, kegiatan usaha pada kuartal I 2017 akan mendorong jumlah penyerapan tenaga kerja. SBT Penggunaan tenaga kerja meningkat menjadi 0,43 persen, di mana penyerapan tenaga kerja diperkirakan akan banyak terjadi pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran.

"Tidak hanya itu, meski masih berada dalam fase kontraksi, tingkat penggunaan tenaga kerja pada sektor pertambangan & penggalian, sektor industri pengolahan dan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan diperkirakan membaik," seperti ditulis BI.

Bersamaan dengan itu, BI memprediksi tekanan harga jual meningkat pada kuartal pertama tahun ini, terutama pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran dengan SBT 3,9 persen.

Sementara itu, SBT sektor pertanian, perkebunan, perternakan, kehutanan dan perikanan diproyeksikan mencapai angka 3,22 persen dan SBT pengolahan sebesar 2,56 persen.