Partai Hanura Akan Tetap Dukung Jokowi Sampai Pilpres 2019



( 2016-12-22 04:35:23 )

Partai politik Hanura mengadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Kantor DPP Hanura di Jalan Mabes Hankam, Cilangkap, Jakarta Timur pada hari Rabu (21/12/2016).

Terlihat Presiden RI Joko Widodo hadir dalam acara munaslub pertama dari partai besutan Wiranto tersebut. Selain itu, turut serta Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang yang juga menjadi calon tunggal ketua umum Partai Hanura.

Wiranto mengutarakan meski dirinya telah menyatakan mundur sebagai ketua umum dan digantikan dengan Oesman Sapta, namun Hanura tetap konsisten mendukung pemerintahan Jokowi-JK hingga akhir periode. Bahkan, Hanura menjamin bakal mendukung Jokowi sebagai presiden di pilpres 2019 nanti. “Yang pasti ada satu agenda penting, yakni pernyataan politik saya resmi mundur dari Hanura (sebagai ketua) secara aklamasi dari hasil rapim maupun persetujuan seluruh stakeholder. Tapi Hanura tetap mendukung presiden Jokowi sampai akhir periode pertama 2019,” ujar Wiranto di Kantor DPP Partai Hanura di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/12/2016) malam. Dia menambahkan, “Dan selanjutnya akan konsisten mendukung Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya. Hanura, 2019 akan konsisten dukung pemerintahan Jokowi,” lanjutnya.

Wiranto yang juga sebagai Menko Polhukam pemerintahan Jokowi-JK ini mengatakan, alasan partainya konsisten mendukung Jokowi di Pilpres 2019 nanti lantaran pihaknya menganggap ada satu kesamaan semangat bagaimana menyelesaikan masalah bangsa. “Hanura basis perjuangannya adalah hati nurani. Ini mempunyai kesamaan dengan semangat yang dikobarkan Jokowi yaitu revolusi mental. Revolusi mental untuk membenahi akhlak manusia untuk memimpin. Dengan demikian ada kesamaan dengan presiden dalam masalah membenahi akhlak,” menurutnya.

Apalagi setelah dirinya masuk kabinet kerja Jokowi-JK, Wiranto mengaku yakin apa yang dilakukan pemerintahan Jokowi adala kinerja yang sesuai harapan rakyat serta bernafaskan suara rakyat. “Saya kira ini sesuatu yang sinkron. Kesamaan chemistry semua yang dilakukan berorientasi pada akhlak. Maka kita dukung Jokowi dan kita pastikan kita lanjutkan,” pungkasnya.

Meski berpindahnya tampuk pimpinan Partai Hanura ke tangan Oesman Sapta, dia menjamin bahwa Wakil Ketua MPR itu bakal tetap melanjutkan sikap politik yang diambil pemimpin sebelumnya. Bahwa akan terus mendukung presiden Jokowi. “Ada pakta intgritas. Kan enggak bisa seenaknya. Ada pakta integritas yang jamin kesinambungan kepemimpinan dan sikap politik. Tanpa itu kita enggK pilih pak Oso. Jadi sudah ada kesepakatan apa yang dilanjutkan akan dlanjutkan bahkan dikembangkan,” tegas Wiranto.