Duet Sri Mulyani - Darmin Nasution Bentuk Tim Reformasi Pajak



( 2016-12-20 07:13:36 )

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini akan meluncurkan (kick off) Tim Reformasi Perpajakan dan Tim Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai. Tim yang digawangi oleh Sri Mulyani ini bagian dari rencana Kementerian Keuangan mereformasi pajak dan cukai.

Sri meminta bantuan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan dunia usaha untuk mensukseskan tim reformasi ini. Nantinya, tim tersebut akan melakukan pertemuan secara reguler untuk membahas langkah reformasi perpajakan di Indonesia.

"Kami juga akan meminta para stakeholder untuk membantu kita, ada yang dari KPK, ada yang dari media masa dan ada juga yang paling penting pelaku ekonomi yang selama ini berpengaruh yaitu dunia usaha kita undang menjadi bagian dari tim reform. Kami akan melakukan pertemuan reguler, kami dapat merasakan bahwa kita melakukan pertemuan ini untuk mendapatkan reform," katanya di Gedung Ditjen Pajak Kemenkeu, Jakarta, pada hari Selasa (20.12.2016).

Selain itu, pihaknya juga meminta bantuan dunia internasional yang selama ini memiliki kompetensi dalam hal reformasi perpajakan dan cukai. Sehingga, pemerintah pun akan mendapat gambaran dan perbandingan antar negara.

"Karena masalah pajak dan cukai ini merupakan masalah eksekutif di suatu negara, tapi operasi dari banyak perusahaan maupun entitas ekonomi lain yang cross the border. Kita juga membutuhkan suatu benchmarking maupun pengalaman negara lain," tutur dia.

Lembaga internasional seperti Bank Dunia (World Bank), Lembaga Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan negara-negara bagian dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) ditunjuk sebagai observer dari tim tersebut.

"Karena itu kita mengundang juga OECD, World Bank untuk menjadi observer kita. Dan kita juga meminta salah satu trust fund yang selama ini membantu kita," tandasnya.