10 Calon Dubes Akan Jalani Fit and Proper Test di DPR Hari Ini



( 2016-12-13 04:18:27 )

Komisi I DPR akan memanggil 10 calon duta besar (Dubes) pada siang ini. Rencananya, kesepuluh calon dubes itu akan menjalani uji kelayakan dan kepatuhan (fit and proper test) di ruang Komisi I DPR.

"Betul, jadi hari ini ada 10 calon Dubes yang akan dipanggil Komisi I untuk jalani fit and proper test. Kalau siapa saja namanya, saya kurang hafal," ujar Wakil Ketua Komisi I TB Hassanudin saat dihubungi, pada hari Selasa (13.12.2016).

Rencananya, jadwal fit and proper test hari ini akan digelar 2 sesi. Sesi pertama rencananya pukul 13.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 18.30 WIB.

"Ada lima calon Dubes pada sesi pertama. Kemudian, lima calon lagi di sesi kedua dan rencana selesai pukul 21.30 WIB," lanjutnya.

Selanjutnya, ada 13 calon Dubes lainnya yang akan menjalankan fit and proper test pada besok (14.12.2016). Ada tiga sesi yang akan dilangsungkan besok.

"Besok pada sesi ketiga sekitar pukul 10.00 WIB ada lima, kemudian sesi keempat ada empat, dan malamnya sesi kelima ada empat lagi. Jadi total dari hari ini sampai besok ada lima sesi," imbuh Hassanudin.

Berikut 23 nama calon dubes baru:

1. Arifin Tasrif, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Jepang di KBRI Tokyo 2. Ferry Adamhar, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Yunani di KBRI Athena 3. Priyo Iswanto, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Kolombia di KBRI Bogota 4. Kristiarto Legowo, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Australia di KBRI Canberra 5. Sahat Sitorus, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Timor Leste di KBRI Dili 6. Hasan Kleib, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Swiss di KBRI Jenewa 7. Mayjen Dr. Ir. Arief Rachman (Unhan), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Afganistan di KBRI Kabul 8. Ngurah Ardiyasa, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Sri Lanka di KBRI Kolombo 9. Prof Dr Yuddy Chrisnandi (mantan Menpan), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Ukraina di KBRI Kiev 10. Nur Syahrir Rahardjo, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Bahrain di KBRI Manama 11. Esti Andayani, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Italia di KBRI Roma 12. Umar Hadi, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan di KBRI Seoul 13. Darmansjah Djumala, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Austria di KBRI Wina 14. Arto Suryo-di-puro, diusulkan sebagai Dubes RI untuk India di KBRi New Delhi 15. Rina Soemarno, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Bangladesh di KBRI Dhaka 16. Andy Rachmianto, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Yordania di KBRI Amman 17. Wieke Adiwoso, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Slovakia di KBRI Bratislava 18. Prof. Radar Pardede, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Tanzania di KBRI Dar Es Salam 19. Tantowi Yahya (Golkar), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru di KBRI Wellington 20. Komjen (pol) Sjahroedin, diusulkan sebagau Dubes RI untuk Kroasia di KBRI Zagreb 21. Rachmat Pramono, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan di KBRI Astana 22. Ikrar Nusa Bhakti (peneliti), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Tunisia di KBRI Tunis 23. Rusdi Kirana (wantimpres/pengusaha), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Malaysia di KBRI Kuala Lumpur