Perkembangan Ekonomi Korea Selatan Di Kuartal Ketiga Melambat



( 2016-12-02 04:26:49 )

Perkembangan ekonomi di Korea Selatan melonjak 0,6 persen secara kuartalan pada kuartal ketiga tahun 2016 pada kemajuan yang lemah dari sektor manufaktur, bank sentral negara itu mengumumkan pada Jumat (02/12). Ekspansi kuartal ketiga direvisi sedikit lebih lambat dari kenaikan 0,7 persen sebelumnya diperkirakan pada bulan Oktober oleh Bank of Korea (BOK).

Ini menandai kuartal keempat berturut-turut bahwa ekonomi terbesar keempat di Asia membukukan pertumbuhan PDB pada level kisaran nol persen, menambah kekhawatiran tentang kemerosotan berkepanjangan. Pada kuartal kedua tahun ini, PDB Korea Selatan bertambah 0,8 persen secara triwulanan.

Pada kesenjangan antara perkiraan BOK sebelumnya pada pertumbuhan GDP kuartal ketiga dan yang diperbarui, pejabat mengutip revisi turun dari angka investasi konstruksi dan ekspor. “Korea Selatan akan dapat mencapai tujuan pertumbuhan 2,7 persen untuk tahun ini jika mengembang 0,1-0,4 persen pada kuartal keempat,” Kim Young-tae, kepala divisi akun nasional BOK, kepada wartawan.

Industri manufaktur menyusut 0,9 persen selama periode Juli-September, terkena recall global Samsung Electronics Galaxy Note 7 phablet dan pemogokan oleh pekerja serikat di pembuat mobil lokal.

Tingkat pertumbuhan konsumsi swasta dibelah dua dengan 0,5 persen pada kuartal ketiga dari sebelumnya satu, sementara investasi fasilitas meningkat hanya 0,2 persen, jauh lebih rendah dari 2,8 persen yang tercatat tiga bulan sebelumnya. Sebaliknya, sektor konstruksi naik 3,7 persen, lebih cepat dari kenaikan 1 persen kuartal sebelumnya, didorong oleh pertumbuhan di konstruksi bangunan perumahan dan non-perumahan.

Pendapatan nasional bruto nasional (GNI) juga menyusut 0,4 persen pada kuartal ketiga dari sebelumnya satu karena memburuknya perdagangan, demikian BOK menambahkan. Ini adalah pertama kalinya bahwa GNI turun selama dua kuartal berturut-turut sejak krisis keuangan 2008-09.

Rasio tabungan bruto mencapai 34,8 persen selama tiga bulan yang berakhir pada 30 September, turun 0,7 persentase poin dari kuartal sebelumnya, sedangkan rasio investasi domestik bruto meningkat 1,2 poin persentase menjadi 29,9 persen.