Penjualan Kembali Rumah AS Oktober Meningkat



( 2016-11-23 05:21:12 )

Penjualan kembali rumah di AS meningkat pada bulan Oktober ke tingkat tertinggi dalam 9,5 tahun lebih didukung oleh membaiknya pasar tenaga kerja, mengambil keuntungan dari suku bunga KPR masih rendah untuk merebut properti setelah banyak yang ditutup selama musim panas.

Lonjakan penjualan adalah bukti lebih lanjut dari kenaikan pertumbuhan ekonomi pada awal kuartal keempat. Sementara lonjakan baru-baru ini suku bunga KPR bisa menekan pasar perumahan tahun depan. National Association of Realtors mengatakan pada hari Selasa (22/11) penjualan rumah yang ada naik 2,0 persen ke tingkat tahunan sebesar 5,6 juta unit bulan lalu, level tertinggi sejak Februari 2007.

Kelompok Realtors menyaatakan penyebab kenaikan penjualan karena adanya permintaan belum direalisasikan. Pasokan yang ketat selama musim panas melepaskan perang penawaran, yang mendorong beberapa calon pembeli. Peluang untuk pembeli selama musim gugur dan musim dingin, periode biasanya tenang untuk penjualan rumah, kemungkinan membaik.

Iklan baru bulan lalu biasanya tinggal di pasar selama 41 hari, naik dari 39 hari pada bulan September, tetapi turun dari 57 hari tahun lalu. Para ekonom telah memperkirakan penjualan tergelincir 0,5 persen menjadi 5.430.000 unit pada bulan Oktober. Penjualan naik 5,9 persen dari tahun lalu. Mereka naik di keempat daerah bulan lalu. Laporan ini datang saat data pekan lalu menunjukkan lonjakan pembangunan perumahan. Hal ini juga menambahkan laporan yang kuat pada penjualan ritel dan pasar tenaga kerja serta meningkatkan survei manufaktur di menunjukkan bahwa perekonomian terus mendapatkan kecepatan pada awal kuartal keempat.

Meningkatnya penjualan rumah menunjukkan peningkatan komisi broker ‘, yang harus meningkatkan komponen konstruksi perumahan dalam laporan produk domestik bruto pemerintah. NAR mengatakan pihaknya memperkirakan penjualan kembali rumah untuk rata-rata 5,36 juta unit tahun ini. Meskipun kenaikan bulan lalu, penjualan rumah yang ada tetap dibatasi oleh kekurangan terus-menerus dari properti yang tersedia untuk dijual. Penjualan bisa melambat sedikit tahun depan setelah kenaikan di tingkat hipotek yang meningkat dari pemilu bulan ini dari kandidat Partai Republik Donald Trump sebagai presiden berikutnya.

Kemenangan mengejutkan Trump telah menyebabkan lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS di tengah kekhawatiran investor bahwa agenda kebijakan mogul bisnis yang diusulkan ekspansif fiskal bisa fan inflasi. Tingkat hipotek erat melacak pergerakan imbal hasil Treasury AS. Sejak pemilihan presiden 8 November, tingkat hipotek 30 tahun tetap telah meningkat hampir 40 basis poin menjadi rata-rata 3,94 persen, menurut data dari perusahaan pembiayaan hipotek Freddie Mac.

Tapi biaya pinjaman yang lebih tinggi dapat mendorong calon pembeli untuk bergegas ke pasar untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga lebih lanjut. NAR memperkirakan penjualan rumah yang ada meningkat menjadi sekitar 5.460.000 unit tahun depan. Perumahan didukung dengan meningkatnya pembentukan rumah tangga dengan pengetatan pasar tenaga kerja meningkatkan prospek pekerjaan untuk orang dewasa muda. Kelangkaan rumah dijual adalah menjaga tekanan ke atas pada harga rumah. Harga rumah rata-rata naik 6,0 persen dari tahun lalu menjadi $ 232.200 bulan lalu.

Jumlah rumah yang tidak terjual di pasar tergelincir 0,5 persen dari September menjadi 2,02 juta unit. Pasokan turun 4,3 persen dari tahun lalu dan telah menurun selama 17 bulan lurus secara tahunan. Pada laju penjualan bulan Oktober, akan memerlukan 4,3 bulan untuk membersihkan persediaan rumah di pasar, turun dari 4,4 bulan pada bulan September. Sebuah pasokan enam bulan dipandang sebagai keseimbangan yang sehat antara penawaran dan permintaan.