Jokowi Meminta Masyarakat Tak Lupakan Jasa Para Pahlawan Bangsa



( 2016-11-11 04:34:30 )

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghormati para pahlawan yang telah memberikan sumbangsih pada negara dan bangsa.

Menurut Jokowi, pengalaman para pendahulu bangsa bisa menjadi modal dalam menghadapi tantangan Indonesia saat ini.

"Saya yakin dengan doa yang diberikan para leluhur dan pahlawan, rintangan dan halangan tersebut dapat dilalui dengan baik," tuturnya di Gedung konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Kamis (10/11).

Jokowi mengungkapkan pernyataan tersebut saat memimpin ramah tamah bersama keluarga pahlawan setelah selesai melakukan upacara Hari Pahlawan Nasional.

Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Bunyi terompet menggema di TMPN menyambut kedatangan pemimpin negara tersebut.

Marching Band dan pasukan bersenjata juga terlihat sebelum Jokowi selaku inspektur upacara mengambil tempat di depan Patung Burung Garuda.

Upacara tahunan tersebut dimulai pukul 8.10 WIB, diawali penghormatan kepada para pahlawan. Suara sirene terdengar beberapa menit sebagai momen untuk mengenang perjuangan 10 November 1945.

Jokowi yang didampingi dua perwira TNI Angkatan Udara tersebut kemudian mempersembahkan karangan bunga di depan Patung Garuda.

Usai upacara, ia dan JK berziarah ke beberapa makam pahlawan, antara lain Umar Wira Hadikusuma, Adam Malik, Ainun Habibie, Taufik Kiemas, Pahlawan Revolusi G30SPKI, dan pahlawan prajurit tamtama.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Wakapolri Komisaris Jenderal Syafruddin juga turut mendampingi.