IHSG Awal Pekan Diprediksi Menguat Terbatas



( 2016-11-07 03:17:51 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini di awal pekan menurut Analis Reliance Securities Lanjar Nafi masih akan bergerak mixed mencoba menguat terbatas. Moving Average 50 hari bakal berada kembali di atas dengan range pergerakan 5.300-5.375.

Dia menambahkan IHSG secara teknikal analysis bergerak mencoba mengkoreksi aksi panic selling investor yang terjadi pada hari kamis pada perdagangan hari ini. Keluarnya IHSG dari support MA50 seakan memberikan signal pergerakan trend bearish untuk jangka pendek hingga menengah.

"Indikator pun negatif terlihat dari indikator stochastic yang cenderung bergerak turun mendekati area jenuh jual. Indikator pendeteksi trend seperti ADX pun seakan mengkonfirmasi trend bearish yang akan di bentuk dengan melebarkan ruang pergerakan negatif dari garis indikator ADX," ujarnya di Jakarta, pada hari Senin (07.11.2016).

Sementara, akhir pekan yang juga bertepatan dengan aksi unjuk rasa di Jakarta yang cukup besar IHSG dibuka melanjutkan pelemahannya. Namun menjelang hingga penutupan perdagangan di sesi kedua IHSG berbalik menguat 33,15 poin sebesar 0,62% dilevel 5.362,66 kondisi yang kondusif pada aksi unjuk rasa di Jakarta mengurangi kekhawatiran investor.

Indeks sektor pertambangan yang sebelumnya memimpin pelemahan berbalik menguat memimpin penguatan hingga 2,34% disusul oleh sektor aneka industri. Sentimen akhir tahun dapat menaikan harga komoditas pertambangan akibat musim dingin diberbagai belahan dunia masih menjadi triger penguatannya.

"Setelah investor asing melakukan aksi beli pada perdagangan sebelumnya pada hari ini justru telihat mengambil langkah aman dengan melakukan aksi jual bersih cukup besar dilevel Rp912,71 miliar," pungkasnya.