Pada Perdagangan Sesi Asia Dolar AS Semakin Tenggelam



( 2016-11-02 09:22:25 )

Pada awal perdagangan hari Rabu sesi Asia (02/11), pasar keuangan global terpantau memasuki pada perdagangan safe haven oleh kegelisahan situasi politik yang dialami Amerika Serikat menjalar kepada kondisi global. Dengan sentimen tersebutlah saat ini para pelaku pasar memburu aset safe haven seperti kurs yen dan juga emas, sehingga kedua jenis investasi ini mengalami pergerakan yang rally.

Di sela-sela perdagangan forex sesi Asia, dollar AS masih terguncang hebat oleh sentimen kondisi politiknya sekalipun terdapat sentimen positif dari rilis data manufaktur PMI Oktober dan juga hasil pertemuan bulanan Fed malam nanti yang diharapkan memberikan sinyal kuat untuk kenaikan Fed rate pada bulan Desember.

Indeks dolar yang merupakan pengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak lemah setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka lebih rendah pada posisi 97.75 dan kini bergerak pada posisi 97.66 setelah sebelumnya turun hingga 0,7 persen.

Teramati di pasar spot pagi ini, dollar AS hanya menguat terhadap poundsterling, aussie dan dollar Canada (loonie). Aussie melemah dikarenakan 2 sentimen negatif menekan mata uang yang rally kuat selama 3 hari berturut sebelumnya. Pada sesi malam kekuatan dollar AS dapat terangkat kembali jika data ADP employment change bulan Oktober naik sesuai ekspektasi dan hasil pertemuan FOMC memberikan sinyal yang diharapkan.