Pidato Yellen Memberikan Sinyal Penundaan Untuk Kenaikan Suku Bunga Desember



( 2016-10-17 05:12:47 )

Pada hari Jumat, Ketua Fed Janet Yellen menyampaikan pidatonya untuk Federal Reserve Bank of Boston’s Economic Conference bahwa kelihatannya bijaksana untuk melaksanakan ekonomi “tekanan tinggi” dengan pasar tenaga kerja yang ketat untuk memutarbalikkan beberapa efek negatif dari resesi besar. Yellen menggambarkan ekonomi yang mengecewakan mungkin memaksa ekonom untuk berpikir tentang ekonomi dengan cara baru.

Sebelum krisis, sebagian besar ekonom berpikir jumlah produksi barang dan jasa terutama didorong oleh pasokan, kata Yellen. “Kesimpulan ini layak untuk dipertimbangkan kembali mengingat kegagalan tingkat kegiatan ekonomi untuk kembali ke tren sebelum resesi di sebagian besar negara maju.” Tanggapan Yellen menyatakan setuju, setidaknya di beberapa bagian, dengan mantan Menteri Keuangan Larry Summers, yang mengatakan bahwa stagnasi sekuler, atau kurangnya permintaan, mendorong ke bawah pertumbuhan global.

Jika kita menganggap bahwa permintaan menahan proyeksi, “pertanyaan berikutnya adalah apakah ada kemungkinan untuk membalik efek merugikan sisi supply oleh sementara menjalankan ‘ekonomi-tekanan tinggi,’ dengan permintaan agregat yang kuat dan tenaga kerja yang ketat di pasar, “kata Yellen. Quincy Krosby, strategi pasar di Prudential Financial, mengatakan pidato Yellen bisa dilihat sebagai menambahkan alasan lain untuk menunda menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Pada saat yang sama, Yellen mencatat sikap pelonggaran suku bunga “bisa memiliki biaya yang melebihi manfaat dengan meningkatkan risiko ketidakstabilan keuangan atau merongrong stabilitas harga.” Strategi tetap sulit untuk dihitung, dan kebijakan lain mungkin lebih cocok untuk kerusakan yang ditujukan ke sisi penawaran ekonomi, ketua Fed tambahkan. Sal Guatiere, ekonom senior di BMO Capital Markets, mengatakan Fed masih di jalur untuk menaikkan suku pada bulan Desember selama data ekonomi bekerja sama. Yellen mengatakan ide ekonomi tekanan tinggi adalah salah satu pertanyaan bagi ekonom untuk dijawab.

Dia meletakkan beberapa pertanyaan lainnya, seperti apakah kenaikan terus-menerus di tingkat penghematan pribadi sejak krisis mungkin “sementara.” Dan mendapatkan akar dari krisis keuangan, Yellen meminta profesi ekonomi untuk mempelajari apa yang dapat kebijakan suku bunga Fed dan pengawasan keuangan lakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan krisis di masa depan.

Dia juga meminta ekonom mencoba untuk memikirkan mengapa pengaruh kondisi pasar tenaga kerja pada inflasi tampaknya lemah daripada yang telah diperkirakan sebelum krisis keuangan. Dan ketua Fed bertanya bagaimana bank sentral mungkin mempengaruhi ekspektasi publik terhadap inflasi ke depan. Yellen mengatakan studi lebih lanjut diperlukan tentang bagaimana Fed bisa mempengaruhi ekspektasi suku bunga di masa depan dan inflasi.

Dia mengatakan proyeksi Fed yang akan mempertahankan suku bunga rendah, yang berlangsung dari 2011 sampai dengan 2014, mungkin diperlukan lagi, mengingat bahwa hal itu tetap tidak mungkin bahwa penurunan suku bunga jangka pendek saja akan menjadi respon yang memadai untuk resesi masa depan.