Harga Minyak Mentah Meningkat Setelah Rusia Siap Memotong Produksi



( 2016-10-11 05:26:27 )

Pada akhir perdagangan Selasa dinihari, harga minyak mentah berjangka AS berakhir pada tingkat tertinggi dalam lebih dari satu tahun sesudah Rusia menunjukkan kesiapannya untuk bergabung dengan OPEC dalam mengendalikan produksi minyak mentah.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hanya melalui pembekuan produksi atau bahkan memotong produksi sebagai keputusan yang tepat untuk menjaga stabilitas sektor energi. “Rusia siap untuk bergabung dengan langkah-langkah bersama untuk membatasi produksi dan menyerukan bagi eksportir minyak lain untuk bergabung,” ujar Putin, berbicara pada kongres energi di Istanbul.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup meningkat $ 1,35 atau 3,1 persen pada $ 51,35 per barel, yang merupakan level tertinggi sejak 15 Oktober 2015. Harga sempat mencapai tertinggi $ 51,60 saat intraday, tingkat tertinggi sejak 9 Juni. Harga minyak mentah berjangka patokan global Brent meningkat $ 1,06 atau 2 persen di level $ 52,99 per barel. Sebelumnya harga mencapai puncak $ 53,73, level terkuat sejak 9 Oktober 2015.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bertujuan untuk menyepakati pemotongan sekitar 700.000 barel per hari, membawa produksinya ke 32,5-33.000.000 bph pada saat bertemu di Wina untuk pertemuan kebijakan pada 30 November. OPEC juga telah meminta Rusia dan non-anggota lainnya untuk bergabung. Produksi OPEC saat ini berdiri di rekor 33.600.000 barel per hari. Menteri Perminyakan Aljazair mengatakan ia berharap komitmen yang sama dari produsen lain non-OPEC.

Sentimen juga didorong oleh rally saham Wall Street dan berita yang sedang berlangsung untuk peluncuran obligasi sovereign pertama No 1 eksportir minyak mentah Arab Saudi sebelum akhirnya proses listing perusahaan minyak Kerajaan Arab Saudi Aramco. Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan dia optimis kesepakatan pada bulan November. Rekannya menteri Aljazair Nouredine Bouterfa mengatakan ia berharap untuk melihat “komitmen” pada pemotongan dari produsen minyak non-OPEC pada pertemuan di Istanbul pekan ini.

Sebelum pada hari itu, kecemasan atas kemampuan OPEC untuk menuntaskan kesepakatan telah membawa beberapa spekulan untuk menurunkan taruhan bullish. Menteri Arab Saudi Falih mengatakan pada hari Senin bahwa OPEC tidak harus memotong pasokan minyak terlalu tajam, mengisyaratkan pada intervensi pasar lebih ringan.

Para Analis di ABN Amro mengambil pandangan berhati-hati pada kesepakatan OPEC, mengatakan sebelumnya petunjuk oleh kelompok di penurunan produksi selalu gagal setelah ditindaklanjuti dengan tindakan. Anggota OPEC Iran dan Irak juga tidak menghadiri pertemuan Istanbul pekan ini, sumber mengatakan kepada Reuters, meskipun ekspektasi sebelumnya bahwa mereka akan hadir.

Bahkan jika produsen mencapai kesepakatan produksi, analis yakin itu akan mengakibatkan harga yang lebih tinggi sebagai pemotongan tidak banyak dan ada keraguan atas peraingan di antara anggota, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan pada Jumat. Menuangkan air dingin pada harapan, produsen terbesar kedua OPEC Irak mengatakan pada akhir pekan bahwa ia ingin meningkatkan produksi lebih lanjut pada tahun 2017.

Data Mingguan jumlah kilang AS menambahkan berita bearish total naik ke tertinggi sejak Februari, menunjukkan bahwa produsen shale sudah bersiap-siap untuk meningkatkan produksi. Sebuah analis memprediksikan harga minyak mentah berikutnya berpotensi melemah dengan gerakan profit taking setelah harga bertambah tinggi dan penguatan dolar AS.