Harga Minyak Dunia Naik 2% Tertinggi Sejak Juni



( 2016-10-06 03:53:19 )

Harga minyak dunia naik sekitar 2% ke level tertinggi sejak Juni, setelah penarikan mingguan kelima tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS yang ditambahkan untuk mendukung di tengah harapan bahwa produsen utama akan setuju untuk memangkas produksinya di bulan depan.

Seperti dikutip dari Reuters, pada hari Kamis (06.10.2016), harga minyak mentah Brent ditutup naik 99 sen atau 2% menjadi USD51,86 per barel. Ini naik ke level tertinggi sebelumnya pada 10 Juni di level USD52,09. Sementara, harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik USD1,14 atau 2,3 % ke level USD49,83 atau sesi tinggi sejak 29 Juni di level USD49,97, puncaknya sejak 29 Juni.

Administrasi Informasi Energi (EIA) AS mengatakan stok minyak mentah turun 3 juta barel pekan lalu, kebalikan dari perkiraan analis yang disurvei oleh Reuters untuk membangun 2,6 juta barel. Sejak awal bulan September, stok minyak mentah AS telah anjlok 26 juta barel, namun persediaan tetap pada level tertinggi dalam abad ini, data EIA menunjukkan.

PIRA Energy Group, sebuah konsultan berbasis di New York berpengaruh, mengatakan mereka mengharapkan kelebihan yang membawa harga minyak mentah menerjang dari atas USD100 per barel lebih dari dua tahun yang lalu akan hilang pada kuartal kedua 2017. Hal ini juga percaya anggota OPEC Arab Saudi mencoba untuk mempertahankan harga minyak di level di USD50-USD60.

Harga minyak telah naik 13% selama enam sesi terakhir setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak mengumumkan rencana untuk membatasi produksi, yang pertama dalam delapan tahun, ketika menggelar pertemuan di Wina pada bulan November.

OPEC berharap untuk membawa hasil 32,5 juta-33 juta barel per hari, memotong sekitar 700.000 barel per hari dari kelebihan sekitar 1,0 juta-1,5 juta barel per hari yang diperkirakan oleh analis.

Kelompok ini telah meminta Rusia dan produsen utama lainnya untuk bergabung dalam membuat keputusan. Menteri Energi Aljazair akan bertemu produsen lainnya di Istanbul pada 8-13 Oktober untuk membahas pelaksanaan menjelang pertemuan Wina.

Banyak analis skeptis dari target OPEC telah memproduksi minyak sebanyak itu bisa sambil berbicara pemotongan. Sementara, jumlah persediaan minyak mentah AS, termasuk Strategic Petroleum Reserve, pekan lalu turun di bawah 500 juta barel untuk pertama kalinya sejak Januari, untuk 499.700.000. Namun, selama 16 tahun terakhir, rata-rata sekitar 328 juta barel, menurut data EIA.

Penarikan seperti itu telah mengejutkan banyak pelaku pasar menjelang akhir musim panas dan diperluas ke musim gugur, ketika mengemudi biasanya turun dan kilang AS ditutup untuk pemeliharaan.