The Fed Diharapkan Dapat Berhati-hati Dalam Meningkatkan Suku Bunga



( 2016-10-04 05:38:29 )

Dari beberapa rangkuman yang memberikan anjuran supaya The Federal Reserve bertindak waspada dalam meningkatkan suku bunganya kembali. Ancaman resesi ekonomi membayangi jika terjadi kekeliruan dalam pengambilan keputusan ini. Salah satu peringatan ini disampaikan oleh Gubernur Bank Sentral AS wilayah New York, William Dudley.

Diberitakan dari Bloomberg pada Senin (03/10) Dudley menyampaikan The Federal Reserve harus bersikap hati-hati dalam menaikkan suku bunga, guna membatasi resiko resesi ekonomi kembali dengan suku bunga rendah saat ini. Seperti yang disarankan oleh sejumlah pengamat, bahwa resiko resesi kembali mengemuka manakala suku bunga tetap dipertahankan rendah seperti saat ini, ungkapnya saat berbicara dalam sebuah seminar yang diadakan oleh banknya di New York.

Jika tidak menaikkan suku bunga, dikhawatirkan akan mempersulit Bank Sentral sendiri dimasa depan. Ruang bagi pemangkasa suku bunga dimasa yang akan datang akan sempit atau hilang, manakala terjadi penurunan ekonomi dimasa depan. Oleh sebab itu, kenaikan suku bunga layak dilakukan selekasnya. Langkah ini dianggap lebih tepat dibandingkan hanya melakukan langkah konvensional, membeli obligasi kembali.