Harga Konsumen Jepang Turun Selama Enam Bulan Berturut, Menjauhkan Target BOJ



( 2016-09-30 09:43:05 )

Berdasarkan tahunan pada bulan Agustus, harga konsumen inti di Jepang mengalami penurunan, ini merupakan kemerosotan keenam secara berturut-turut, membuat Bank of Japan di bawah tekanan untuk meredakan kondisi moneter lebih lanjut karena mengubah kebijakan dalam upaya untuk mencapai tagert inflasi 2 persen lebih cepat.

Pengeluaran rumah tangga turun untuk bulan keenam, menyoroti kelemahan dalam konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar 60 persen dari perekonomian, sementara rebound dalam produksi pabrik mencerahkan sedikit prospek. Data mixed menawarkan sedikit jeda bagi bank sentral, yang pekan lalu beralih ke menargetkan suku bunga jangka pendek dan jangka panjang dari strategi sebelumnya peningkatan uang primer pada laju tahunan sebesar 80 triliun yen.

Hal ini juga menggarisbawahi perlunya pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe untuk mengisi kekosongan dengan menerapkan rencana pertumbuhan ekonomi yang kuat dan reformasi struktural di atas paket stimulus 28 triliun yen sudah diatur untuk dijalankan akhir tahun ini. Penurunan 0,5 persen tahun-ke-tahun pada indeks harga konsumen inti, yang mencakup produk minyak tapi tidak termasuk harga makanan segar yang mudah menguap, adalah lebih dari 0,4 persen penurunan yang diperkirakan para ekonom. Angka tersebut sesuai dengan penurunan bulan sebelumnya, yang merupakan terbesar sejak Maret 2013, ketika bank sentral memulai stimulus moneter besar-besaran.

Indeks yang disebut inflasi inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi dan mirip dengan indeks inti yang digunakan di Amerika Serikat, naik 0,2 persen pada tahun ini hingga Agustus, paling lambat sejak September 2013. Meskipun 3 1/2 tahun pencetakan uang oleh BOJ, belanja rumah tangga yang lemah dan penguatan yen menekan biaya impor telah mempertahankan inflasi jauh dari tujuan 2 persen bank sentral.