Naiknya Batubara Rotterdam Mengikuti Lonjakan Minyak Mentah



( 2016-09-29 09:24:52 )

Harga batubara Rotterdam melambung tinggi pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (29/09) terpicu oleh lonjakan harga minyak mentah AS. Harga minyak ditutup melompat lebih dari 5 persen pada akhir perdagangan Kamis dinihari setelah tercapai kesepakatan OPEC untuk membatasi produksi minyak mentah pada pertemuan Aljazair untuk dilangsungkan pada pertemuan kebijakan bulan November di Wina.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC berhasil mendapatkan kesepakatan untuk membatasi produksi oleh hampir satu juta barel per hari menjadi 32,5 juta barel per hari dalam pembicaraan yang diadakan di sela-sela Forum Energi Internasional pada 26-28 September di Algiers, demikian rilis Reuters.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik $ 2,38, atau 5,3 persen, ke $ 47,05 per barel. Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik $ 2,72, atau 5,9 persen, pada $ 48,69 per barel, mencapai lebih dari dua minggu tinggi $ 48,96.

Pada penutupan perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Oktober 2016 berada di posisi 70,70 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 2,80 dollar atau setara dengan 4,17 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Data pertumbuhan ekonomi AS kuartal kedua final, yang diindikasikan meningkat akan dirilis nanti malam. Jika terealisir maka akan menguatkan dollar AS.

Sebuah Analis memprediksikan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan berikutnya akan mengalami pelemahan tertekan oleh penguatan dollar AS.